19 Desember 2018
Home / News / Bisnis / Menteri buat peraturan naker asing jadi gampang masuk

Menteri buat peraturan naker asing jadi gampang masuk

Tenaga kerja ilegal asal Cina yang ditangkap beberpa waktu lalu. (Kredit: JIBI)

Jakarta (RiauNews.com) – Di tengah ketat dan sulitnyanya persaingan masuk ke dunia kerja yang dirasakan jutaan warga Indonesia usia produktif, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri malah akan melonggarkan tenaga kerja asing yang akan masuk ke dalam negeri.

Dikuti dari laman Republika pada Rabu (7/3/2018), Menaker berjanji akan segera menata secara keseluruhan perizinan tenaga kerja asing lebih cepat dan lebih responsif. Dengan keinginan pemerintah Indonesia untuk menjadi negara terbuka maka tenaga kerja asing seharusnya juga bisa masuk ke dalam negeri lebih mudah.

“Kalau yang boleh masuk ya digampangin dong, wong pada dasarnya boleh masuk. Dia punya hak masuk. Kalau yang pada dasarnya enggak boleh, ya gak boleh. Jangan sampai misalnya kebalik-balik, yang boleh malah jadi ruwet perijinannya,” ujar Hanif di Istana Negara kemarin, Selasa (6/3/2018).

Hanif menjelaskan, kemudahan ini juga tetap menggunakan regulasi yang disiapkan pemerintah. Artinya tenaga kerja ini memang mereka yang dibutuhkan dalam industri, tidak asal semua tenaga kerja bisa masuk ke sendi-sendi perindustrian. Dalam persyaratan tenaga kerja asing misalnya, mereka yang boleh masuk dan menjadi tenaga kerja minimal berumur 35 tahun, dan tidak boleh lebih dari 55 tahun.

Menurut Hanif, salah satu penataan yang akan dirampungkan pemerintah adalah menghilangkan rekomendasi dari Kementerian/Lembaga (K/L) yang selama ini memerlukan waktu cukup lama sehingga nantinya perizinan TKA ada di Kementerian tenaga Kerja lalu Imigrasi.

Sistemnya kan sudah online. Kita sudah online dengan Kementerian Keuangan untuk pembayaran Dana Pengembangan Keahlian dan Ketrampilan (DPKK) itu sudah online, dengan imigrasi sudah online, lalu dengan daerah,” ujar Hanif.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: