17 Agustus 2018
Home / News / Internasional / Meksiko kembali diguncang gempa, 119 orang dilaporkan tewas

Meksiko kembali diguncang gempa, 119 orang dilaporkan tewas

Gempa pada Selasa (19/9) yang meruntuhkan gedung bertingkat di Mexico City. (Kredit Foto: Reuters)

Mexico City (RiauNews.com) – Meksiko kembali diguncang gempa bumi yang cukup kuat pada Selasa (19/9/2017) siang waktu setempat, yang berkekuatan 7,1 Skala Richter.

Gempa yang mengguncang bagian tengah negara tersebut, termasuk ibu kota Mexico City, dilaporkan telah menewaskan setidaknya 119 orang dan ratusan terluka.

Dilaporkan, banyak bangunan yang roboh di kota yang padat penduduk, dan ribuan orang berlarian ke jalanan dalam keadaan panik. Sementara para petugas penyelamat terus berupaya mencari orang-orang yang kemungkinan masih hidup di bawah reruntuhan tersebut.

Suara-suara sirene bersahut-sahutan ketika para petugas penanganan darurat bergegas di jalanan di Mexico City, salah satu kota terpadat di dunia, dan daerah sekitar yang menjadi rumah bagi sekitar 20 juta orang.

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto mengatakan 27 gedung roboh atau sebagian runtuh pada gempa yang terjadi saat jam makan siang tersebut.

Gempa bumi dengan kekuatan 7 skala Richter atau lebih digolongkan sebagai gempa besar dan bisa menyebabkan kerusakan yang hebat.

Laporan-laporan awal menunjukkan daerah yang paling parah terdampak meliputi negara bagian Morelos, yang terletak di selatan Mexico City. Menurut seorang pejabat negara bagian, setidaknya 54 orang tewas di sana.

Pihak berwenang melaporkan ada sejumlah korban jiwa di Mexico City, juga di Puebla dan Negara Bagian Meksiko.

Gempa Selasa itu merupakan gempa terkuat kedua yang mengguncang Meksiko dalam bulan ini. Pada 7 September gempa melanda Meksiko selatan, menewaskan setidaknya 98 orang.

Pada 1985 lalu, Mexico City juga pernah diguncang gempa kuat yang menewaskan ribuan orang.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: