21 September 2018
Home / News / Politik / Maju ke DPD RI, Chaidir : Mudah-mudahan Orang-orang Masih Ingat dengan Saya

Maju ke DPD RI, Chaidir : Mudah-mudahan Orang-orang Masih Ingat dengan Saya

​drh Chaidir MM saat mengisi buku tamu di kantor KPU Riau. Tien

PEKANBARU (RiauNews.com)- Mantan Ketua DPRD Provinsi Riau dua periode, 1999-2004 dan 2004-2009, drh Chaidir, Rabu (25/4/2018), resmi mendaftarkan diri sebagai anggota DPD RI periode 2019-2024 mendatang, ke kantor KPU Provinsi Riau.

Didampingi istri tercinta, Hj Yulianti SH MH, sanak saudara dan tim pemenangan, Chaidir membawa berkas dukungan copian KTP sebanyak 2.726 lembar untuk diserahkan ke KPU Provinsi Riau.



“Sebetulnya masih banyak yang belum terinput, namun karena hari ini terakhir pendaftaran di KPU jadi hanya segitu yang kami bawa, meskipun akhirnya ada revisi aturan input KTP bisa melalui online, jumlah yang kita bawa lebih dari cukup,” kata Chaidir disela-sela proses pendaftaran.

Chaidir lebih memilih menjadi senator dari pada menjadi anggota DPR RI ia beralasan menjadi anggota DPD RI sifatnya independen sedangkan DPR RI harus melalui jalur politik. “Sistem parlemen kita bikameral, sistim dua kamar, satunya melalu jalur politik satunya lagi melalui independen. Jadi sebetulnya secara konstitusi dua lembaga ini sama saja, hanya saja fungsi legislasinya jauh lebih besar DPR RI,” terangnya.

Menurut Chaidir negara Indonesia menganut sistim bikameral lemah beda dengan negara maju seperti Amerika yang menganut sistim bikameral strong (kuat). Namun ada upaya untuk mengamandemen UUD 1945, yang tujuan salah satunya memperkuat fungsi legislasi DPD RI.

“Harapan kita kedepan jika diberi amanah oleh rakyat Riau, kita akan perjuangkan penguatan fungsi legislasi DPD RI, sehingga anggota DPD RI bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat didearah terbebas dari kepentingan-kepentingan politik, namun semata-mata demi kepentingan masyarakat di daerah yang selama ini kita rasakan kurang optimal, ” ujarnya.

Masih kata Chaidir, selama ini fungsi DPD RI lebih banyak kapasitasnya bersifat peribadi dalam hubungan dengan kementrian-kementrian dan tokoh-tokoh yang ada di Jakarta.

” Kalau jaringannya bagus maka banyaklah yang bisa diperjuangkan oleh anggota DPD RI. Namun kalau tidak maka anggota DPD RI itu hanya formalitas saja. Nah dengan berbekal itu saya berharap dengan pernah menjabat sebagai Komisaris Utama PT Bumi Putera di Jakarta, sudah lama berkantor di Jakarta dan memiliki jaringan, kita harapkan jaringan itu bisa bahu membahu dengan DPR RI untuk memperjuangkan kepentingan daerah di pusat bukan hanya kepentingan anggaran namun juga kepentingan lainnya,” bebernya.

Menjadi anggota DPD RI bukanlah hal yang mudah butuh perjuangan yang cukup berat, apalagi melawan tiga anggota DPD RI yakni Instiawati Ayus, Gafar Usman dan Rosti Uli Purba yang saat ini kembali maju memperebutkan empat kursi di DPR RI. Namun Chaidir berkeyakinan masyarakat Riau ingin ada hal baru. “Saya tetap optimis, masyarakat ingin ada yang baru yang lebih menggigit di Jakarta yang bisa memperjuangkan masyarakat. Masyarakat bisa menilai. Mudah-mudahan orang-orang masih mengingat saya,” imbuh Chaidir sembari senyum.***(Tien)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: