Home / News / Internasional / Madrid cabut status otonom Catalonia

Madrid cabut status otonom Catalonia

Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy.

Madrid (RiauNews.com) – Pemerintah Spanyol merespon cepat pengumuman kemerdekaan yang dilakukan parlemen Catalonia, yakni dengan mencabut status otonom wilayah tersebut dan menerapkan pemerintahan langsung.

Tindakan ini oleh berbagai pihak dianggap sebagai sesuatu yang “berbahaya”, dan meningkatkan tensi kemelut politik terburuk Spanyol dalam empat dasawarsa ke level yang lebih tinggi.



Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy meminta warga untuk tenang dan mengatakan bahwa aturan hukum akan dipulihkan di Catalonia.

Dalam waktu sejam, majelis tinggi parlemen Spanyol di Madrid memberi wewenang kepada pemerintah Rajoy untuk memerintah Katalunya secara langsung, langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya di Spanyol sejak demokrasi kembali pada akhir 1970-an.

Wilayah Catalonia yang berada dalam negara Spanyol. (Peta: Google Maps)

Di Brussels, Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk mengatakan bahwa pernyataan kemerdekaan Catalonia tidak mengubah apa pun dan Uni Eropa hanya akan berurusan dengan pemerintah pusat di Madrid.

Di Washington, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan negaranya mendukung usaha Madrid menjaga Spanyol tetap bersatu dan Catalonia adalah bagian tidak terpisahkan dari negara tersebut.

Pernyataan senada juga datang dari Inggris. Juru bicara perdana menteri mengatakan Kerajaan Inggris tidak akan mengakui pernyataan kemerdekaan sepihak yang dilakukan oleh parlemen wilayah Catalonia.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: