19 Desember 2018
Home / Hukum & Kriminal / MA: Suparman 6 tahun penjara dan harus ditahan

MA: Suparman 6 tahun penjara dan harus ditahan

Bupati Rokan Hulu, Suparman.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Bupati Rokan Hulu, Suparman, tampaknya harus kembali merasakan dinginnya lantai penjara. Setelah divonis bebas oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor di PN Pekanbaru pada Februari lalu, namun di tingkat kasasi, Mahkamah Agung (MA) memvonisnya hukuman penjara selama 6 tahun.

Tak hanya Suparman, Djohar Firdaus, yang merupakan “satu paket” dalam kasus ini, vonisnya juga dinaikkan. Di mana waktu itu Djohar hanya diganjar 5,5 tahun, kini menjadi 6 tahun.

Tak hanya itu, Suparman dan Johar juga dihukum membayar denda masing-masing Rp200 juta atau subsider 6 bulan kurungan. Hak politik kedua mantan Ketua DPRD Riau itu juga dicabut selama 5 tahun.

Hal tersebut sebagaimana dipaparkan Panitera Muda (Panmud) Tipikor pada PN Pekanbaru, Denni Sembiring SH, Rabu (22/11/2017), di mana putusan itu dibacakan majelis hakim yang diketuai Agung MS Lumne, dan hakim anggota Krisna Harahap dan Artidjo Alkostar.

“MA mengabulkan kasasi JPU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hukuman naik dari sebelumnya. Untuk Suparman, MA perintahkan agar ditahan,” kata Denni.

MA menjerat Suparman dan Johar dengan Pasal 12 huruf a Undang-Undang (UU) RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Nomor 20 Tahun 2001 jo pasal 55 ayat 1 ke 1 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Keduanya juga dijerat UU Nomor 8 Tahun 1981, UU Nomor 48 Tahun 2009 dan UU Nomor 14 tahun 1985 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU 5 Tahun 2004, dan perubahan kedua, dengan UU Nomor 3 Tahun 2009, serta peraturan undang-undangan lainnya bersangkutan.

Suparman dan Johar Firdaus didakwa menerima uang suap dan janji atas pembahasan APBD. Johar menerima uang Rp155 juta dan janji pinjam pakai mobil dinas sedangkan Suparman menerima janji pinjam pakai mobil dinas.

Tindakan itu dilakukan kedua terdakwa bersama Ahmad Kirjauhari dan mantan Gubernur Riau Annas Maamun yang sudah ditahan karena keterlibatan kasus lain. Dalam kasus suap ini, Kirjauhari sudah divonis 4 tahun penjara.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: