19 Januari 2018
Home / Spesial Riau / Lima unit heli BNPB disiagakan antisipasi karhutla di Riau

Lima unit heli BNPB disiagakan antisipasi karhutla di Riau

Heli BNPB di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan, seiring dengan masuknya musim kemarau di Provinsi Riau, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiagakan sebanyak lima unit helikopter berukuran besar.

Informasi yang diperoleh dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, lima unit helikopter tersebut masing-masing dari jenis Mi-171, Mi-172, Mi-8 dan Sikorsky S-61 dan sudah  terparkir di Pangkalan Udara TNI AU Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

“Rencananya helikopter itu akan kita tempatkan di tiga titik. Selain di Pekanbaru, juga akan ditempatkan di Kota Dumai dan Japura (Indragiri Hulu),” kata Edwar, Sabtu (3/6/2017).

Dijelaskannya, keberadaan lima heli tersebut merupakan hasil koordinasi Pemerintah Provinsi Riau melalui BPBD dengan BNPB, menyusul masuknya musim kemarau di wilayah tersebut pada Juni dan diprediksi terjadi hingga November mendatang.

Ia menjelaskan helikopter tersebut nantinya akan dimanfaatkan dalam patroli udara apabila ditemukan adanya titik panas yang mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) oleh Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru.

Selanjutnya, helikopter juga dapat digunakan melakukan pemadaman Karhutla melalui operasi “waterbombing” atau pengeboman air.

“Masing-masing Helikopter mampu mengangkut 4-5 ton air untuk pemadaman melalui “waterbombing”,” jelas Edwar.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: