26 September 2018
Home / Spesial Riau / Lanud RSN kerahkan sejumlah pesawat tempur pantau karhutla

Lanud RSN kerahkan sejumlah pesawat tempur pantau karhutla

Pesawat tempur F16 jelang lepas landas di Lanud Rusmin Nurdjadin, Pekanbaru.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Sejumlah pesawat tempur dari Skuadron Udara 12 dan 16 dikerahkan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin (Lanud RSN) Pekanbaru, guna memantau kebakaran hutan dan lahan yang mulai muncul di beberapa daerah di Provinsi Riau.

Kepala Dinas Operasi Lanud RSN, Letnan Kolonel Pnb Jajang Setiawan mengatakan pengerahan pesawat itu untuk mengidentifikasi titik-titik api yang terpantau lewat satelit oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau.



“Sesuai instruksi pimpinan, kita mengerahkan dua skadron F16 dan Hawk 100/200 serta satu uit helikopter Super Puma untuk memantau karhutla,” katanya kepada wartawan, Rabu (21/2/2018).

Informasi yang diperoleh nantinya diteruskan ke satgas kebakaran untuk dapat ditindaklanjuti.

Dilansir oleh Antara, data dari BPBD Riau, total luas lahan terbakar mencapai 633 hektare. Kabupaten Meranti dan Indragiri Hulu menjadi daerah dengan luas kebakaran terparah, dengan luas masing-masing 121,25 hektare dan 121,5 hektare.

Terhitung sejak 19 Februari hingga 31 Mei 2018, Riau sudah berada pada status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Pemerintah Provinsi Riau menetapkan kondisi ini karena pada awal tahun 2018 terjadi peningkatan jumlah titik panas (hotspot) dan luas Karhutla yang sangat naik signifikan.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: