23 Oktober 2018
Home / Olahraga / Bola / Lagi, Timnas Indonesia telan kekalahan 1-4 dari Islandia

Lagi, Timnas Indonesia telan kekalahan 1-4 dari Islandia

Timnas Indonesia dikalahkan Islandia 1-4 dalam laga persahabatan yang berlangsung di SUGBK, Jakarta. (Kredit: iNews)

Jakarta (RiauNews.com) – Sempat unggul terlebih dahulu, Timnas Indonesia harus menelan kekalahan 1-4 di depan pendukung sendiri yang memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, dalam pertandingan persahabatan menghadapi salah satu tim Piala Dunia 2018, Islandia.

Meski begitu, permainan tim Garuda pada Ahad (14/1/2018) malam ini tetap layak diacungi jempol. Mengusung pola 4-2-3-1, Indonesia bahkan sempat mengepung pertahanan Islandia di babak pertama. Umpan-umpan dari sisi sayap pun membuat tim tamu dipaksa bertahan.

Saat pertandingan berusia dua menit, Osvaldo Haay melakukan akselerasi dari kanan lapangan dan mampu diteruskan dengan umpan ke mulut gawang. Sayang, tak ada satu pun rekannya yang mampu menyambut operan tersebut.



Islandia mampu balik menyerang dengan permainan bola­bola mati. Memanfaatkan keunggulan tinggi badan mereka berhasil mengkonversi bola atas untuk mengancam gawang Indonesia. Beruntung tak ada satu pun usaha Our Boys yang menemui sasaran.

Sampai akhirnya sebuah umpan silang dari sisi kanan yang dilepas Febri Hariyadi membuat kiper Islandia Runar Alex Runarsson keluar dari sarangnya. Berusaha memetik bola di udara, tangkapannya justru terlepas dan bola jatuh di kaki Ilham Udin Armaiyn. Langsung saja striker anyar Selangor FA itu mencocor bola menembus gawang lawan pada menit ke-29. Stadion pun bergemuruh menyambut gol tersebut.

Tertinggal satu gol membuat Islandia murka dan balik mengancam gawang Indonesia pada menit ke­32. Melalui tendangan bebas, Albert Gudmondsson mampu mengirmkan bola ke mulut gawang.

Menyambut operan tersebut, Aron Sigurdarson menanduk si kulit bundar. Namun, usaha pemain bernomor punggung tujuh itu masih melambung di atas mistar gawang Indonesia yang dijaga Andritany Ardhiyasa.

Menit ke­-37, timnas hampir menambah keunggulan. Memanfaatkan kecepatan, Muhammad Hargianto berlari kencang dan berhasil lolos dari kawalan bek Islandia. Berdiri bebas, dia pun melepaskan tembakan keras kaki kiri. Belum beruntung, sepakannya masih belum menemui sasaran.

Pada penghujung babak, Islandia berhasil menyamakan kedudukan. Gudmundsson berhasil memanfaatkan kelengahan bek tim Garuda dan menyepak si kulit bundar dengan keras. Bola hasil tendangannya masih bisa ditip Andritany. Sayang bola liar yang terlepas kembali disambar Gudmundsson dan berhasil mengoyak gawang Indonesia. Skor 1-1 bertahan sampai wasit meniup pluit tanda turun minum.

Pada paruh kedua, Luis Milla mencoba menambah daya gedor dengan memainkan Evan Dimas pada menit ke­-56 menggantikan Septian David Maulana. Sayangnya masuknya Evan tak mampu memberikan kontribusi berarti.

Gawang Indonesia nyatanya harus kembali bobol pada menit ke-­59. Berawal dari sepak pojok, Arnor Smarason berhasil mengkonversi si kulit bundar untuk membuat Andritany memungut bola dari gawangnya.

Tujuh menit berselang, Our Boys mampu menambah pundi­pundi gol melalui titik putih. Gudmundsson yang ditunjuk sebagai algojo tak menyiakan kesempatan itu. Dia berhasil menendang bola dengan santai dan mengecoh Andritany. Penalti ini terjadi karena defender Hansamu Yama melanggar pemain Islandia di kotak terlarang.

Memasuki menit ke-­72, Islandia semakin unggul jauh. Gudmundsson berhasil membukukan hattrick pada laga ini. Tendangan kaki kirinya dari sudut sempit tak mampu dihalau Andritany.

Itu gol terakhir di pertandingan itu, sekaligus mengakhiri kunjungan timnas Islandia di Indonesia. Sebelumnya, Our Boys pesta 6-0 atas Indonesia Selection di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (11/1/2018).*** (iNews)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: