22 Oktober 2018
Home / News / Politik / KPU Riau Tolak Pendaftaran Pasangan Balon Gubernur Riau Syamsurizal-Zaini Ismail

KPU Riau Tolak Pendaftaran Pasangan Balon Gubernur Riau Syamsurizal-Zaini Ismail

Bupati Siak Syamsuar.

PEKANBARU (RiauNews.com)– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menolak pendaftaran pasangan Bakal Calon (Balon) Gubernur dan Balon Wakil Gubernur Riau, Syamsurizal-Zaini Ismail yang datang tanpa membawa partai pendukung.

“Pendaftaran Syamsurizal-Zaini Ismail kami putuskan tidak bisa kami terima, karena tidak sesuai dengan prosedur yang ada,” kata Ketua KPU Riau, Nurhamin, kepada sejumlah awak media, Kamis (11/1/2018).

Dijelaskan Nurhamin, yang jadi persoalan, pasangan Syamsurizal-Zaini Ismail ini tidak membawa partai politik pengusung. Padahal berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) nomor 3 tahun 2017, yang mendaftar itu adalah partai pengusung, bukan pasangan calon.



“Berdasarkan PKPU nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan, yang mendaftarkan itu adalah partai politik atau gabungan partai politik pengusung, bukan pasangan calon. Jadi karena Syamsurizal-Zaini Ismail tak ada membawa parpol pengusung, tentu ini tak bisa kita terima,” jelasnya.

Sementara itu menurut Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan, KPU harus konsisten dalam menjalankan regulasi Pilkada. “Sikap KPU Riau ini kami rasa sudah tepat,” ujar Rusidi Rusdan.

Sedangkan Syamsurizal mengatakan pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Ketua DPD Gerindra Riau dan Ketua DPW PKB Riau. Karena memang dua partai inilah yang menjadi perahu politik pasangan Syamsurizal-Zaini Ismail.

“Saya sudah kontak Edi Tanjung ketua Gerindra Riau dan Abdul Wahid ketua PKB Riau untuk bisa mendaftarkan saya ke KPU. Namun mereka katakan akan menanyaka dulu kepada DPP partainya tentang ihwal SK saya diusung sebagai calon gubernur. Waktu sudah larut malam, saya berfikir mungkin mereka belum dapat konfirmasi dari DPP masing-masing. Makanya saya berinisiatif untuk datang ke KPU hampir tengah malam ini karena saya dikontak oleh orang saya di DPP agar datang saja ke KPU,” kata Syamsurizal.*** (Tien)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: