19 Agustus 2018
Home / Hukum & Kriminal / KPK terbitkan surat perintah penangkapan terhadap Setya Novanto

KPK terbitkan surat perintah penangkapan terhadap Setya Novanto

Setya Novanto

Jakarta (RiauNews.com) – Babak baru dalam upaya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) guna mendapatkan keterangan dari Setya Novanto dimulai. Setelah berulang kali melakukan pemanggilan namun tak digubri, KPK akhirnya melakukan penjemputan paksa Setnov ke rumah kediamannya di Jalan Wijaya XIII, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (15/11/2017) malam.

Sayang, upaya tersebut gagal karena Ketua DPR RI tersebut tidak ada di rumahnya. Dan, hingga kini keberadaan pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar tersebut tidak diketahui.



Karena keberadaannya tak diketahui, bahkan kuasa hukumnya Fredrich Yunadi juga tak menjelaskan di mana keberadaan kliennya tersebut, lembaga anti rasuah kemudian menerbitkan surat perintah penangkapan terhadap Setya Novanto.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, surat perintah penangkapan tersebut diterbitkan KPK karena ada kebutuhan penyidikan oleh KPK dalam kasus e-KTP.

Novanto sebelumnya tiga kali tidak hadir dalam pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka Dirut PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiharjo. Termasuk dalam pemanggilan hari ini untuk diperiksa sebagai tersangka.

“Karena ada kebutuhan penyidikan KPK menerbitkan surat perintah penangkapan terhadap SN dalam dugaan tindak pidana korupsi KTP elektronik,” kata Febri, di gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Kamis (15/11/2017).

Tim KPK, lanjut Febri, saat ini sedang melakukan pencarian. Pihaknya mengimbau agar Novanto menyerahkan diri.

“Kami harapkan kalau ada itikad baik terbuka bagi SN untuk menyerahkan diri ke kantor KPK dan proses hukum ini berjalan baik,” ujar Febri.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: