Home / Hukum & Kriminal / KPK cegah Fredrich Yunadi, Hilman Mattauch dan ajudan Setya Novanto ke luar neger

KPK cegah Fredrich Yunadi, Hilman Mattauch dan ajudan Setya Novanto ke luar neger

Wartawan Metro TV Hilman Mattauch menjadi tersangka kecelakaan lalin yang mengakibatkan Setya Novanto dirawat di rumah sakit.

Jakarta (RiauNews.com) – Empat orang yang pernah terlibat atau berinteraksi dengan Setya Novanto, tersangka kasus korupsi KTP elekteronik (KTP-e), telah dicegah bepergian ke luar negeri oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak 8 Desember 2017 lalu.

“Dicegah ke luar negeri selama enam bulan terhitung sejak 8 Desember 2017,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (9/1/2018).



Mereka antara lain Fredrich Yunadi selaku mantan pengacaranya, Hilman Mattauch mantan kontributor Metro TV, dan dua orang lainnya meruapakn ajudan melekat Novanto yang merupakan anggota Polri, AKP Reza Pahlevi dan Achmad Rudyansyah.

Kata Febri, pencegahan ke luar negeri terhadap empat orang tersebut demi kelancaran proses penyelidikan baru terkait tindak pidana obstruction of justice.

“Karena (keempatnya) dibutuhkan keterangannya‎ dan saat dipanggil (harus) sedang berada di Indonesia,” terangnya.

Fredrich Yunadi. (Kredit: Tempo)

Diduga, keempatnya merupakan saksi penting dalam proses penyelidikan dugaan tindak pidana mencegah, merintangi, atau menggagalkan secara langsung atau tidak langsung penyidikan korupsi e-KTP‎, untuk tersangka Setya Novanto.

“Dasar hukumnya, Pasal 12 ayat (1) huruf b Undang-Undang KPK,” pungkasnya.

Sekadar informasi, mantan Ketua DPR RI, Setya Novanto‎ sempat dicari dan diburu oleh KPK. Sebab, ada dugaan Setnov melarikan diri saat akan dilakukan upaya jemput paksa di kediamannya di Jalan Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Upaya jemput paksa itu dilakukan setelah Setnov mangkir dalam tiga kali panggilan pemeriksaan penyidik KPK. Keesokan hari setelah upaya jemput paksa KPK gagal, ‎Setnov muncul melakukan wawancara langsung dengan salah satu televisi nasional.

Tak berselang lama, Setnov mengalami kecelakaan tunggal bersama dua orang lainnya di daerah Jakarta Selatan. Dua orang lainnya yang berada dalam mobil bersama Setnov yakni, ajudan pribadinya, Reza, dan seorang pengemudi mobil yang juga kontributor TV swasta, Hilman Mattauch, demikian Okezone.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: