13 Desember 2018
Home / News / Internasional / KPK Arab Saudi tangkap 11 pangeran dan 4 menteri

KPK Arab Saudi tangkap 11 pangeran dan 4 menteri

Mohammed bin Salman, putra Raja Salman, mempimpin ‘KPK’ Arab Saudi.

Riyadh (RiauNews.com) – Para pengeran di Arab Saudi kini tak bisa lagi bisa enak-enakkan tanpa tersentuh hukum. Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud sebagai penguasa negara kerajaan tersebut telah memerintahkan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk melakukan penangkapan terhadap siapa saja yang melakukan tindakan rasuah di sana.

Hasilnya, 11 pangeran dan 4 menteri ditangkap atas tuduhan telah melakukan korupsi.



‘KPK’ Arab Saudi itu dipimpin langsung oleh putra mahkota Mohammed bin Salman. Dia diberikan wewenang penuh untuk memerangi korupsi dengan cara dibebaskan dari undang-undang, peraturan, instruksi, perintah dan keputusan saat melaksanakan tugasnya.

Mohammed bin Salman dibebaskan untuk mengambil keputusan di luar aturan khusus untuk berantas korupsi. Keputusan itu termasuk pembekuan aset, larangan bepergian dan penangkapan terhadap seseorang yang dituduh korupsi.

Komite tersebut membuat penangkapan pertamanya beberapa jam setelah dibuat. ‘KPK’ Arab Saudi menahan 11 pangeran dan empat menteri. Selain itu menangkap 10 mantan menteri.

Korupsi yang diusut komisi korupsi itu salah satunya bencana banjir yang menewaskan 120 orang di kota Jeddah tahun 2009.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: