23 Oktober 2018
Home / Utama / Kepulangan Kloter Pertama Jemaah Haji Riau Diperkirakan 9 September

Kepulangan Kloter Pertama Jemaah Haji Riau Diperkirakan 9 September

ilustrasi

 

Pekanbaru (RiauNews.com). Terkait penyambutan kedatangan jemaah haji (JH) kloter 2 Debarkasi Batam (BTH), yang diperkirakan akan tiba, Sabtu (09/09/2017), sekitar pukul 23.00 WIB, Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Riau melakukan berbagai persiapan.

Menurut Kakanwil Kemenag Riau Ahmad Supardi, Selasa (5/9), kepada wartawan menyebutkan, bentuk persiapan tersebut diantaranya adalah  melakukan koordinasi dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Batam tentang kesiapan Debarkasi Batam dalam penyambutan Jamaah Haji, baik dari sisi personil maupun sarana dan prasrana yang diperlukan.

“Alhamdulillah semuanya telah siap dan PPIH Batam juga siap untuk menerima kepulangan jamaah haji dari Arab Saudi,” ujarnya.

Selain itu lanjutnya, rapat teknis  penyambutan Jamaah Haji Riau juga membahas tentang transportasi dan proses pemulangan jamaah ke daerah.

“Ada yang menggunakan pesawat seperti Pekanbaru, Kampar, Roksn Hulu, Pelalawan, Kuansing. Dan Inhu. Sedangkan yang lainnya memakai kapal laut, yaitu Meranti, Bengkalis, Dumai, Siak, dan Rokan Hilir. Untuk itu, sebelum hari H jadwal dan personil sudah harusdisiapkan dengan baik,” tegasnya.

Ahmad juga menambahkan, jika kepulangan jamaah haji dari Batam langsung ke daerah asal. Sehingga memudahkan dan tidak melelahkan serta menambah biaya lagi.

“Untuk jamaah Kloter 2 BTH atau Kloter 1 Riau akan tiba pada 9 September 2017 pukul 23.00 WIB dan akan dipulangkan ke daerah asal pada 10 September 2017 mulai pukul 08.00 WIB. Jadi di Asrama Haji Batam hanya melewati proses pelepasan dan administrasi,” jelasnya.

Ahmad juga berharap agar Pemerintah Daerah ikut bekerjasama dan berpartisipasi aktif dalam menerima kepulangan jamaah haji, sebab mereka adalah tamu tamu Allah (Dhuyufullah) yang baru saja memenuhi panggilan Allah untuk menunaikan ibadah haji.

Menurut Ahmad, jumlah Haji Riau tahun ini sebanyak  5043 orang dan meninggal dunia 14 orang dan sedang sakit dirawat di rumah sakit sebanyak 10 orang.

“Mari kita berdoa kepada Allah SWT semoga jamaah haji yang sakit cepat sembuh dan yang lainnya tetap sehat wal afiat. Sehingga dapat  menunaikan ibadah haji dengan sempurna dan memperoleh Haji Mabrur serta dapat pulang ke tanah air dengan selamat,”tutupnya.

 

safrinayanti

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: