23 September 2018
Home / News / Nasional / Hujan lebat picu banjir dan longsor di Kota Padang

Hujan lebat picu banjir dan longsor di Kota Padang

Tanah longsor menutupi jalan di Kota Padang. (Kredit Foto: istimewa)

Padang (RiauNews.com) –  Hujan deras yang mengguyur Kota Padang dari Selasa (30/5/2017) malam hingga Rabu dini hari, membuat sejumlah wilayah di Kota Padang, Sumatera Barat mengalami bencana banjir dan tanah longsor.

“Ada delapan kecamatan yang terkena dampak banjir di Kota Padang, yang mengakibatkan 285 jiwa dari 95 KK harus mengungsi karena rumahnya terendam cukup tinggi,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, melalui pesan singkat yang diterima riaunews.com.

Adapun wilayah yang terendam banjir antara lain Kecamatan Padang Selatan, Padang Utara, Padang Barat, Padang Timur, Nanggalo, Lubuk Begalung, Kuranji, dan Bungtekab.

Banjir di Kota Padang mencapai paha orang dewasa. (Kredit Foto: Istimewa)

Disebutkan Sutopo, Tim Reaksi Cepat dari BPPD setempat bersama Pusdalops dan dibantu oleh para relawan Insan Kebencanaan telah melaksanakan kegiatan assessment dan emergency respon. Namun karena hingga pagi hujan masih belum reda, akses ke beberapa daerah masih belum bisa.

“Hingga pukul 09.30 WIB hujan masih belum berhenti, maka berakibat akses jalan untuk melakukan tindakan evakuasi dan penanganan pohon tumbang serta longsor mengalami keterlambatan,” tambahnya.

Meski demikian, hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa akibat bencana alam tersebut.***

Reporter: Ilva | Fitrialis

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: