24 Februari 2018
Home / Spesial Riau / Kepulauan Meranti / Hotel berbintang di Selatpanjang fullbooking jelang ‘Perang Air’

Hotel berbintang di Selatpanjang fullbooking jelang ‘Perang Air’

Kemeriahaan perang air di Selatpanjang. (Kredit: Kompas)

Selatpanjang (RiauNews.com) – Festival ‘Perang Air’ yang akan digelar di Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, telah menarik minat wisatawan untuk mengikuti atau sekadar menikmati suasananya.

Hal ini terbukti dengan semua kamar hotel yang ada di kota tersebut sudah habis dipesan oleh wisatawan, bahkan banyak yang sudah membooking sejak setahun yang lalu.



“Iya, setahun sebelumnya sudah ada reservasi (pemesanan),” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Kepulauan Meranti Uyung Permadi Salis di Selatpanjang, Senin (12/2/2018).

Dilansir oleh laman Antara, Selatpanjang merupakan kota di pesisir Riau yang selalu ramai saat perayaan Imlek karena banyak warganya merupakan adalah keturunan Tionghoa. Namun, perayaan Imlek di ibukota Kabupaten Kepulauan Meranti berbeda dengan tempat lainnya karena ada tradisi perang air, atau yang dalam sebutan setempat “Cian Cui”.

Tradisi perang air itu berlangsung setiap sore hari selama enam hari sejak Imlek, yang pada tahun ini jatuh pada tanggal 16 Februari 2018. Pemerintah Kabupaten Meranti kini mengemas “Cian Cui” sebagai festival sejak 2013.

Uyung Permadi Salis, yang juga Ketua Festival Perang Air 2018, mengatakan semua kamar hotel dan penginapan banyak dipesan khususnya pada puncak Imlek pada tanggal 19 hingga 21 Februari.

Kondisi tersebut sangat kontras dibandingkan hari normal yang tingkat okupansinya sangat rendah.

Pada kota kecil tersebut terdapat hotel bintang dua dan 3 dengan kapasitas kamar 350 kamar, dan hotel kelas melati sekitar 300 kamar. “Untuk puncak imlek kamar hotel berbintang sudah penuh, sedangkan untuk hotel kelas melati sudah terisi sekitar 85 persen,” katanya.

Ia mengatakan pada tahun ini banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang menyewa rumah penduduk untuk menghadiri Imlek dan Festival Perang Air.

Festival Perang Air pada tahun ini direncanakan untuk dibuka oleh Pelaksana Tugas Gubernur Riau dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Riau pada 19 Februari di Taman Cik Puan, Selatpanjang. Pada malam tanggal 19 Februari itu akan diadakan malam pesta budaya.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: