18 Januari 2018
Home / Spesial Riau / Gubri ingatkan DPRD Riau jangan “macam-macam” terkait RTRW

Gubri ingatkan DPRD Riau jangan “macam-macam” terkait RTRW

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Pengesahan peraturan daerah mengenai Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Provinsi Riau sudah beberapa kali batal di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, sehingga dinilai menghambat pembangunan karena beberapa kegiatan, terutama yang berkaitan dengan pengelolaan lahan, harus menunggu keluarnya RTRW yang baru agar tidak bermasalah belakangan.

Terkait hal ini, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengingatkan para anggota dewan supaya tidak berbuat ‘macam-macam’.



“Persoalan RTRW di Provinsi Riau dipantau oleh Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) melalui aksi pencegahannya Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam (GNSDA). Sehingga dapat dipastikan bahwa KPK telah memiliki data terkait RTRW,” Gubri mengingatkan saat dijumpai wartawan di Pekanbaru, Jumat (22/9/2017).

Untuk itu, pria yang akrab disapa dengan Andi Rachman itu pun meminta DPRD Riau untuk segera mengesahkan RTRW, jika sudah tidak ada persoalan hukumnya lagi.

“Kami minta DPRD segera memparipurnakan ini kalau itu sudah sesuai ketentuan dan peraturan,” tegas Andi, sebagaimana dikutip Media Center.

Menurutnya, RTRW yang tak kunjung tuntas ini sangat merugikan bagi pertumbuhan ekonomi di Riau. Sebab, ketidakjelasan RTRW tersebut menghambat pembangunan dan investasi yang masuk ke Riau.

“Kalau telat ya pasti merugikan, bukan hanya pemerintah tapi semuanya,” ungkapnya.

Kendati demikian, Andi Rachman enggan menanggapi terlalu jauh mengenai dugaan adanya kepentingan politik dibalik gagalnya pengesahan RTRW tersebut.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: