18 Januari 2018
Home / News / Internasional / Gempa 8,2 SR guncang Meksiko

Gempa 8,2 SR guncang Meksiko

Gedung yang ambruk akibat gempa mengguncang pantai selatan Meksiko. (Kredit Foto: EPA/BBC)

Mexico City (RiauNews.com) – Gempa bumi kuat mengguncang pantai barat Meksiko pada Kamis (7/9/2017) malam waktu setempat, atau Jumat siang WIB -yang diyakini terkuat di negara tersebut dalam satu abad belakangan- dan sejauh ini telah dilaporkan 27 orang tewas.

Presiden Enrique Peña Nieto mengatakan bahwa gempa itu berkekuatan 8,2 Skala Richter dengan pusat berada di Samudra Pasifik atau sekitar 87 km di lepas pantai Pijijiapan.

Peringatan tsunami sempat dikeluarkan di Meksiko dan beberapa negara sekitar dengan kemungkinan gelombang setinggi tiga meter.

Gempa menjelang tengah malam itu dirasakan oleh sekitar 50 juta warga Meksiko dan jumlah korban jiwa dikhawatirkan mungkin masih akan meningkat.

“Ini merupakan gempa bumi besar dari skala dan kekuatannya, yang terkuat dalam 100 tahun terakhir,” kata Presiden Pena Nieto saat mengunjungi Pusat Penanganan Bencana Nasional sebagaimana dilansir BBC.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat memperkirakan kekuatan gempa sedikit lebih rendah, yaitu 8,1.

Sementara Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, PTWC, mengatakan gelombang ‘mencapai tiga meter lebih di atas permukaan ombak mungkin terjadi di sepanjang pantai Meksiko’.

Evakuasi sudah sempat ditempuh di sepanjang pantai Negara Bagian Chiapas, yang juga memberlakukan keadaan darurat.

Peringatan tsunami juga dikeluarkan di El Salvador, Guatemala, Honduras, dan Costa Rika, namun dengan gelombang yang lebih rendah.

Tahun 1985 -tepatnya 19 September pagi- Meksiko juga dilanda gempa besar dengan kekuatan 8,0 dengan korban jiwa mencapai sekitar 5.000 orang dan menyebabkan kerusakan besar di ibu kota Mexico City dan sekitarnya.

Sejak bencana itu, pemerintah Meksiko menerapkan peraturan ketat untuk pembangunan gedung dan menerapkan sistem sensor di wilayah pantainya. ***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: