Home / News / Internasional / Feminis dirikan masjid liberal untuk LGBT

Feminis dirikan masjid liberal untuk LGBT

Seyran Ate (Kredit Foto: Twitter)

London (RiauNews.com) – Seorang aktivis gerakan feminisme Seyran Ate yang mendirikan sebuah masjid liberal di Berlin, berencana untuk “mengembangkan sayap” ke seluruh kota-kota besar Eropa. Dan, salah satu kota yang menjadi sasaran utamanya saat ini adalah Ibu Kota Inggris, London.

Ate yang merupakan seorang pengacara kelahiran Turki dan aktivis hak asasi manusia, telah mengunjungi London untuk mencari lokasi potensial untuk sebuah masjid liberal yang terbuka untuk pria, wanita dan Muslim LGBT atas dasar kesetaraan. Dia menyebut bahwa revolusi Islam sedang berlangsung.

“Saya tidak sendiri dengan ide ini. Ini adalah sebuah gerakan, ini sebuah revolusi,” katanya seperti dilansir Guardian, Rabu, (26/7). Sekaligus juga mengaku memiliki jutaan pendukung di dunia dan tak sendirian.

Namun pembukaan Masjid Ibn Rusyd-Goethe, di sebuah tempat yang disewa dari gereja Lutheran di Berlin bulan lalu memicu reaksi marah dari Muslim konservatif di Eropa, Mesir dan Turki.

Ate menerima ancaman pembunuhan melalui media sosial dan diberitahu bahwa ia akan mati selama konfrontasi jalanan. Sedangkan Dar al-Ifta al-Masriyyah, sebuah badan Islam yang dikelola negara Mesir menyatakan, prinsip-prinsip masjid liberal tersebut tidak sesuai dengan Islam.

Departemen hukum Universitas al-Azhar Kairo mengeluarkan fatwa melarang masjid-masjid liberal. Otoritas Muslim utama Turki, Diyanet, mengatakan, masjid liberal tersebut merupakan sebuah eksperimen yang bertujuan tidak lebih dari sekedar merusak dan menghancurkan agama.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: