26 May 2017
Home / Hukum & Kriminal / Dua tersangka ditetapkan dalam pungli di Rutan Sialang Bungkuk

Dua tersangka ditetapkan dalam pungli di Rutan Sialang Bungkuk

Rumah Tahanan Klas IIB Pekanbaru di Jalan Sialang Bungkuk.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Kasus dugaan pungutan liar (pungli) di Rumah Tahanan Klas IIB Sialang Bungkuk yang merebak paska kaburnya ratusan tahanan pada 5 Mei 2017 lalu, mencuatkan dua nama yang menjadi tersangka.

Penetapan tersangka pungli ini dilakukan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Riau, setelah melakukan menyidikan intensif beberapa hari sesudah kaburnya tahanan dalam jumlah terbesar di Tanah Air tersebut.

“Hasil penyidikan sejak Jumat (12/5) lalu, kita tetapkan dua tersangka dugaan kasus pungli Rutan Pekanbaru yakni LR dan MK. Keduanya adalah staf yang ada di rutan sebagai staf pengamanan,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Jumat (19/5/2017).

Guntur menjelaskan bahwa diduga keduanya menerima langsung tunai dan melalui transfer yang nilainya jutaan sehubungan pemindahan narapidana dari Blok C ke Blok A.

Untuk tersangka lain, lanjutnya, akan didalami lagi termasuk kepada mantan Kepala Rutan (Karutan). Namun untuk pemeriksaan lanjutan terhadap tersangka mereka akan didampingi penasehat hukumnya, tambah Guntur.

“Ini apakah diketahui oleh karutan masih akan didalami. Yang sudah diperiksa sebanyak 22 saksi dari petugas rutan, napi dan keluarga tahanan,” ungkapnya.

Terhadap kejahatan ini para tersangka dikenai Pasal 11 dan 12 Undang-Undang nomor 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi. Ancaman hukumannya minimal empat tahun dan maksimal 20 tahun dengan denda minimal Rp250 juta dan maksimal Rp1 miliar.***

Baca Juga

Terkait bom Kampung Melayu, Kapolda Riau perintahkan personel tingkatkan kewaspadaan

Pekanbaru (RiauNews.com) – Peristiwa bom di Kampung Melayu, Jakarta pada Rabu (24/5/2017) yang menewaskan tiga ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *