21 September 2018
Home / Hukum & Kriminal / Divonis mati, Eri Jack nyatakan banding

Divonis mati, Eri Jack nyatakan banding

Sidang bandar narkoba 40 kilogram sabu-sabu di PN Bengkalis, Eri Jack. (Kredit: Bengkalis One)

Bengkalis (RiauNews.com) – Bandar narkoba sekaligus pemilik 40 kilogram sabu-sabu dan 150 ribu ekstasi, Eri Kusnadi alias Eri Jack, divonis hukuman mati oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bengkalis, Kamis (14/12/2017).

Dalam sidang pembacaan vonis terhadap Eri Jack yang dipimpin Hakim Sutarno ini, majelis hakim menyebut terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pemuafakatan jahat tanpa hak dan melawan hukum mengedarkan total lebih kurang enam kali dengan berat sabu lebih kurang 86 Kg, setelah hasil pengembangan penangkapan sabu seberat lebih kurang 40 Kg dari dua orang kurir seluruhnya atas perintah terdakwa, sesuai dengan Pasal 114 ayat (2) Jo 132 ayat (1) UU Nomor 35/2009 tentang Narkotika sebagaimana dalam dakwaan pertama.



Dia juga divonis bersalah karena sengaja memiliki barang bukti sabu tanpa hak sekitar 11 gram lebih, yang ditemukan di rumahnya ketika ditangkap petugas, sesuai dengan Pasal 112 ayat 2 UU Nomor 35/2009 tentang Narkotika sebagaimana dalam dakwaan kedua.

Terhadap nota pembelaan penasehat hukum terdakwa, majelis hakim mempertimbangkan keberatan tersebut. Majelis hakim menilai sesuai dengan fakta persidangan, terdakwa memerintahkan dua kurir untuk membawa sabu dan ekstasi.

Kemudian keberatan terdakwa adanya tekanan fisik, majelis hakim menolak dan menyatakan bahwa tidak ada tekanan mental maupun fisik, dan alasan tersebut hanya untuk meringankan hukuman terdakwa.

Atas putusan pidana mati ini, terdakwa Eri Jack menyatakan banding.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: