Home / News / Bisnis / Disney akuisisi 21st Century Fox senilai Rp676 triliun, jadikannya “pemain” hiburan terbesar dunia

Disney akuisisi 21st Century Fox senilai Rp676 triliun, jadikannya “pemain” hiburan terbesar dunia

New York (RiauNews.com) – Sebuah akuisisi besar-besaran terjadi di bisnis dunia hiburan Hollywood. Walt Disney Co dikabarkan sepakat membeli 21st Century Fox senilai USD 52 miliar atau sekitar Rp676 triliun (1 USD = 13.000 IDR)!

Laman-laman situs berita asal Amerika Serikat memberitakan nilai tersebut adalah harga yang dikeluarkan Disney untuk memperoleh aset termasuk studio film 20th Century Fox dan studio hiburan dan olah raga lainnya dan jaringan dari kerajaan Rupert Murdoch.

“Akuisisi koleksi bisnis bintang abad 21 ini mencerminkan meningkatnya permintaan konsumen akan keragaman pengalaman hiburan yang semakin menarik, mudah diakses dan nyaman dibandingkan sebelumnya,” kata Chairman-CEO Disney Bob Iger, yang juga memperpanjang kontraknya dengan perusahaan tersebut sampai akhir tahun 2021.



Ini merupakan pertaruhan besar Disney dengan membeli 21st Fox yang cukup besar, dengan harapan semakin banyak jaringan kabel, studio produksi dan properti lainnya akan meluncur ke masa depan, saat mereka makin serius ke bisnis distribusi streaming olahraga dan hiburan langsung ke konsumen.

Layanan tersebut direncanakan mulai diluncurkan pada 2018 mendatang.

Dari hasil pembelian ini, Disney mendapatkan grup tv kabel yang mencakup FX Networks, National Geographic dan lebih 300 saluran internasional, dan 22 jaringan olah raga regional. Termasuk 30 persen saham Fox di Hulu, 50 persen saham Endemol Shine Group, layanan satelit Star India, dan 39 persen saham Fox di penyiaran satelit Euro.*** (ilva)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: