23 Januari 2018
Home / Utama / Dinas PUPR Katanya Sudah Siapkan Solusi Atasi Banjir

Dinas PUPR Katanya Sudah Siapkan Solusi Atasi Banjir

Luapan air dari drainase di jalan Sudirman Pekanbaru  selalu menggenangi badan jalan hingga menyerupai anak sungai setiap hujan lebat

 

Pekanbaru (RiauNews.com). Musim penghujan sudah tiba, untuk mengantisipasi terjadinya banjir. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tahun ini mengganggarkan sebesar Rp. 1,2 miliiar. Anggaran tersebut digunakan untuk kegiatan operasional, mulai dari pembersihan drainase, pengerukan parit dan anak sungai.

“Kita punya dua alat berat yang disiagakan. Sekarang sedang bekerja di wilayah Tampan dan Marpoyan Damai,” ujar sekretaris Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Erizal, Selasa(5/9).

Menurut Erizal, dua alat berat jenis eskavator yang dimiliki Dinas PUPR siap untuk mengeruk parit yang dangkal. Untuk itu, masyarakat juga diminta agar segera melaporkan ke dinas PUPR, jika ada di wilahnya parit yang dangkal dan perlu dilakukan pengerukan.

“Kalau ada permintaan dari masyarakat silahkan laporkan ke kita. Langusng ke Dinas PUPR saja, tidak perlu pakai surat, lisan saja bisa,” katanya.

Erizal menambahkan, untuk mengantisipasi banjir di Kota Pekanbaru. Pihaknya juga sudah menyiapkan solusi bertahap. Baik jangka pendek maupun jangka menengah dan panjang.

“Untuk jangka pendek, kita cek masalahnya apa baru kita selesaikan. Kalau ada parit yang tersumbat kita bersihkan, kalau ada parit yang dangkal kita keruk. Itu jangka pendeknya,” kata Erizal.

Sementara untuk jangka panjangnya, pihaknya akan bekerja sama dengan Pemprov Riau dan Pemerintah Pusat, untuk membagi-bagi tugas sesuai kewenangan masing-masing.

“Kita petakan dulu, mana yang menjadi kewenangan provinsi, dan mana yang menjadi kewenangan pusat,”ujarnya.

Sejauh ini sejumlah pembangunan fisik untuk mengurangi dampak bajir di Pekanbaru sudah dilakukan dengan mengunakan anggaran APBN dari pusat. Seperti drainase di Jalan Taman Karya, Jalan Delima, dan Jalan Purwodadi.

“Kita bangun parit saluran skunder untuk mengalirkan genangan air dari Jalan Subrantas ke dalam,” sebutnya.

Erizal menambahkan, berdasarkan data yang ada di dinas PUPR Kota Pekanbaru, setidaknya ada 12 titik lebih jalan yang menjadi langganan banjir.

“Itu pelan-pelan kita selesaikan. Seperti dijalan Rajawali kan sudah tidak banjir lagi. Cuma kemarin banjirnya pindah lagi ke simpang tabek gadang. Kita akan cek ini apa penyebabnya. Apakah bok curvertnya yang tersumbat, atau ada masalahnya nanti kita selesaikan,”tutupnya.

 

safrinayanti

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: