Home / Spesial Riau / Kampar / Diduga Lalai Matikan Kompor Gas, Satu Unit Rumah Ludes Terbakar

Diduga Lalai Matikan Kompor Gas, Satu Unit Rumah Ludes Terbakar

Polisi membentangkan garis polisi di rumah warga yang terbakar. (Kredit Foto: Fitrialis)

Bangkinang (RiauNews.com) – Satu unit rumah milik Jhon Hendri (48) yang berlokasi di Jalan Abdul Muthalib, Gang Teratai, Kelurahan Langgini, Kecamatan Bangkinang Kota, Rabu (29/3/2017) siang tadi ludes terbakar. Api diduga berasal dari Kompor gas yang lupa dimatikan.

Pantaun Riaunews.com di lokasi yang berdekatan dengan asrama Polri ini, kebakaran terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Dua unit mobil pemadam kebakaran milik Satpol PP Kampar dan satu mobil Water Canon milik Polres Kampar terlihat sudah berada di lokasi untuk menjinakkan api.

Menurut Novandra, salah seorang saksi mata yang pertama kali mengetahui kejadian tersebut menuturkan, asap pertama kali terlihat di bagian belakang rumah milik korban. Melihat itu, saksi lalu berteriak memanggil pemilik rumah dengan menggedor-gedor pintu rumah.

“Karena tidak ada jawaban sama sekali, saya langsung saja mendobrak pintu rumah tersebut. Setelah pintu terbuka terlihat api menyala di atas kompor gas,” tutur Novandra yang bertugas di Sie Propam Polres Kampar ini.

Dengan dibantu rekannya sesama anggota Polri dan bebera orang warga sekitar, saksi berusaha untuk memadamkan api secara manual dengan alat seadanya. namun usaha itu sia-sia karna api dengan cepat membesar dan merembet ke bagian depan rumah.

Beruntung api belum sempat merembet ke asrama Polri yang hanya berjarak sekitar 1 meter dari rumah yang terbakar. Api baru bisa djinakkan sekitar 45 menit kemudian, setelah dua unit mobil pemadam milik Satpol PP Kampar dan 1 Unit Mobil Water Canon milik Polres Kampar tiba di lokasi untuk menjinakkan api.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dikarenakan saat kejadian rumah sedang ditinggalkan penghuni. namun barang-barang yang ada didalam rumah tidak satu pun bisa terselamatkan. kerugian pun ditaksir lebih dari 100 juta rupiah.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK yang saat kejadian turut berada di TKP mengkoordinir anggotanya untuk membantu proses pemadaman mengatakan, dugaan sementara kebakaran disebabkan oleh kelalaian pemilik rumah yang lupa mematikan kompor gas.

“Jadi, kepada warga kembali saya ingatkan agar selalu meningkatkan kewaspadaan saat meninggalkan rumah. jadikanlah kejadian ini sebagai pelajaran agar tidak terulang peristiwa serupa diwaktu yang akan datang,” himbau Kapolres.***

Reporter: Fitrialis

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: