17 Oktober 2017
Home / News / Internasional / Depkeu AS tuduh mantan pemain Barcelona ini terlibat kartel narkoba

Depkeu AS tuduh mantan pemain Barcelona ini terlibat kartel narkoba

Rafael Marquez.

Mexico City (RiauNews.com) – Rafael Marquez, mantan bintang timnas sepakbola Meksiko dan Barcelona FC, kini menjadi trending topic di Twitter. “Keberhasilan” ini bukan karena prestasinya di lapangan hijau, namun setelah Departemen Keuangan AS menuduh Marquez sebagai “orang terdepan” dalam jaringan besar perdagangan narkotika. Dia menjadi satu dari 22 orang dan 43 entitas yang terkena sanksi Departemen Keuangan AS karena kaitannya dengan sebuah kartel narkotika Guadalajara.

Tak ada pemain sepak bola Meksiko sebesar dia kecuali Hugo Sanchez. Bahkan selama berada di Timnas dan Barca, pemain yang disapa Rafa ini pernah dijuluki “Si Bos”, tetapi kini pemerintah Donald Trump memberi dia predikat penjahat narkoba.

Pada Rabu (9/8/2017) waktu setempat, Departemen Keuangan AS, menuduh Marquez sudah lama menjalin kontak dengan bos kartel yang bernama Raul Flores Hernandez dan telah menghimpun asset dari perdagangan narkotika.

Marquez segera menjadi trending topic di Mexico di Twitter. Para penggemar sepak bola terkejut dan tak percaya pahlawan olah raga mereka tersangkut narkoba.

“Ini jelek sekali karena dia teladan untuk anak-anak,” kata Fernando, pemuda Mexico City. Sebaliknya warga lain kota ini bernama Mario Rodriguez, menyebut tudingan AS itu absurd dan omong kosong.

“Dia salah satu orang yang mempunyai karir terlama dalam sepak bola. Kalian yakin dia mau melakukan hal semacam ini?” kata penyanyi terkenal Meksiko Julion Alvarez seperti dikutip AFP.

Rafael melakukan debut internasionalnya pada 1996, tidak lama setelah Sanchez pensiun, bersama dengan Atlas de Guadalajara dan setahun kemudian untuk pertama kalinya bermain bagi timnas.

Saat bermain untuk Meksiko melawan Chile pada Copa America 1999, dia membuat jatuh cinta pencari bakat dari AC Monaco. Dan, dari sini muhibah Eropa dia mulai, dan beberapa masa kemudian direkrut klub besar Eropa sampai bisa mengantarkan Barcelona dua kali menjuarai Liga Champions.

Sempat merumput kembali di Meksiko dia bermain lagi di Eropa bersama Hellas Verona di Italia pada musim 2014-2015. Setelah itu pindah ke New York Red Bulls dan Leon di Meksiko untuk mempersembahkan satu gelar juara liga sebelum pindah ke Atlas pada 2016 sampai sekarang.

Marquez menjadi kapten Timnas Meksiko pada empat Piala Dunia. Dia tetap bersinar sampai sekarang.***

Baca Juga

​KPU Riau Masih Tunggu Berkas 17 Parpol Hingga Malam Ini Pukul 00:00 WIB

PEKANBARU (RiauNews.com)- Dari 27 Parpol calon peserta Pemilu 2019, yang mendaftar di Komisi Pemilihan Umum ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *