20 September 2018
Home / News / Nasional / Dapat undangan, Panglima TNI malah ditolak masuk Amerika

Dapat undangan, Panglima TNI malah ditolak masuk Amerika

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Jakarta (RiauNews.com) – Kejadian yang tak mengenakkan menimpa Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, beserta istri dan delegasi Indonesia yang hendak bertolak ke Amerika Serikat, memenuhi undangan dari Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, Jenderal Joseph F Durford, Jr, pada Sabtu (21/10/2017).

Ketika hendak bersiap-siap masuk ke pesawat, ada pemberitahuan dari maskapai penerbangan bahwa Panglima TNI beserta delegasi tidak boleh memasuki wilayah AS oleh US Custom and Border Protection.

Atas kejadian tersebut, Pemerintah Indonesia mengirimkan nota diplomatik untuk meminta klarifikasi kepada pemerintah AS, Ahad (22/10).



“Kedutaan Besar Indonesia di Washington DC telah mengirim nota diplomatik kepada Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat untuk meminta klarifikasi terkait kejadian tersebut. Dan, Kemenlu juga telah mengirim nota diplomatik ke Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir.

Dijelaskan Nasir, menteri luar negeri sudah bicara dengan duta besar Amerika Serikat untuk Indonesia di Jakarta hari ini meminta agar segera dapat memberi klarifikasi. Namun, mengingat duta besar Amerika Serikat sedang tidak di Jakarta, Wakil duta besar Amerika Serikat juga telah dipanggil untuk ke Kementerian Luar Negeri besok guna memberikan keterangan.

Sebelumnya, Nurmantyo akan menghadiri Chiefs of Defense Conference on Country Violent Extremist Organization (VEOs) yang dilaksanakan pada 23-24 Oktober 2017 di Washington DC.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: