18 Agustus 2018
Home / Hukum & Kriminal / Cetak uang palsu, warga Mandau ini diringkus polisi

Cetak uang palsu, warga Mandau ini diringkus polisi

JH, warga Mandau yang mencetak uang palsu di rumahnya. (Kredit Foto: Humas Polres Bengkalis)

Bengkalis (RiauNews.com) – Hanya dengan bermodalkan sebuah printer Epson dan kertas HVS, JH (36), warga Desa Boncah Mahang, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, mencetak uang rupiah palsu pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu bernilai jutaan rupiah.

Kapolres Bengkalis, AKBP Abbas Basuni menyebutkan, penangkapan terhadap pelaku setelah adanya informasi dari masyarakat bahwa ada orang yang menawarkan atau menjual uang rupiah yang diduga telah dipalsukan.

“Bermodal informasi tersebut, polisi kemudian mendatangi kediaman JH pada Jumat (16/6/2017) malam dan dilakukan penggeledahan,” kata Abbas, Sabtu (17/6/2017).

Hasilnya, dari saku kantong celananya ditemukan satu buah amplop putih berisikan uang rupiah yang dipalsukan pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu dengan total Rp6 juta. Kemudian dari lemari pakainnya juga ditemukan uang palsu lainnya, sehingga total yang didapatkan petugas pecahan Rp100 ribu sebanyak 182 lembar atau Rp18,2 juta dan pecahan Rp50 ribu sebanyak 114 lembar atau Rp5,7 juta.

Saat diinterogasi, JH mengaku memulai “usaha” tersebut pada Mei 2017 dengan memanfaatkan fasilitas copy yang ada pada printer.

Pelaku mengaku rencananya uang palsu diatas akan dijual dan diecer. Dia juga mengaku melakukan tindakan memalsukan uang tersebut karena berdekatan dengan Hari Raya Idul Fitri.

Namun begitu, ada juga uang palsu yang sudah diserahkan oleh pelaku kepada orang lain untuk dijual, yakni pecahan Rp100 ribu sebanyak 400 lembar atau Rp4 juta kepada US yang tinggal tak jauh dari rumah JH.

“Sudah dilakukan pencarian namun tidak ada di rumahnya,” imbuh Abbas.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: