Home / News / Nasional / BPOM tegaskan yang bercacing hanya jenis makarel, sementara sarden dan tuna aman

BPOM tegaskan yang bercacing hanya jenis makarel, sementara sarden dan tuna aman

Sejumlah ikan kaleng jenis makarel masih ditemukan di rak-rak minimarket di Pekanbaru, seperti Colours Mart yang ada di Jalan HR Subrantas, Panam. (Kredit: Ilva/Riaunews.com)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Terkait adanya simpang siur pemberitaan soal ikan kalengan yang mengandung cacing parasit, Balai Besar Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BBPOM) menegaskan bahwa yang terkontaminasi adalah jenis makarel, sedangkan yang jenis sarden dan tuna tidak.

“Kalau khawatir menahan diri jangan beli ikan kaleng khususnya yang ikannya dari makarel, kalau sarden sama tuna tidak apa-apa (tidak ditemukan cacing),” ujar kepala BBPOM Bandung, Abdul Rohim, Kamis (29/3).



Dikutip Riaunews.com dari laman Republika, Rohim menjelaskan cacing yang ditemukan dalam ikan kemasan hanya yang berjenis ikan makarel. Ikan tersebut bukan berasal dari perairan Indonesia.

“Meski ada yang produksi dalam negeri, namun ikannya diimpor dari negara lain, terutama Cina, karena ikan makarel tidak ada di perairan Indonesia,” jelasnya.

BPOM menduga, ikan makarel yang dijadikan produk makanan, hidup pada ekosistem yang kurang baik. Sehingga banyak larva cacing yang termakan oleh ikan makarel dan berkembang biak di dalam tubuhnya.

“Sebenarnya saat proses sterilisasi mati dia, cuman memang namanya cacing tidak lazim ada di makanan,” kata dia.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: