Home / News / Nasional / BPOM: 27 merek ikan kaleng positif mengandung cacing

BPOM: 27 merek ikan kaleng positif mengandung cacing

Puluhan merek ikan sarden kaleng positif mengandung cacing parasit. (Kredit: Tribunnews)

Jakarta (RiauNews.com) – Masyarakat diminta untuk waspada jika hendak mengkonsumi makanan kalengan, khususnya ikan. Sebab Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengkonfirmasi bahwa ada 27 merek ikan olahan dalam kaleng yang positif mengandung parasit cacing.

Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan, temuan cacing di ikan makarel awalnya ditemukan pertama kali di Riau dan semakin berkembang. Awalnya hanya tiga merek yang mengandung cacing yaitu Farmerjack, IO dan HOKI namun kini jumlahnya terus berkembang.



“Sampai dengan 28 Maret 2018, BPOM telah melakukan sampling dan pengujian terhadap 541 sampel ikan dalam kemasan kaleng yang terdiri dari 66 merek. Hasil pengujian menunjukkan 27 merek positif mengandung parasit cacing, terdiri dari 16 merek produk impor dan 11 merek produk dalam negeri,” katanya di Jakarta Pusat, Rabu (28/3/2018).

Dikutip oleh Riaunews.com dari laman Republika, Lukita mengaku, BPOM menelusuri dan komunikasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) asal usul bahan baku ikan ini. Ternyata, kata dia, ikan ini diimpor dari luar, sementara ikan makarel yang diproduksi di dalam negeri juga didapat dari impor karena ikan ini tidak terdapat di Indonesia.

“Ikan ini mengandung cacing ini merupakan produk impor dari perairan Cina, atau bahan baku ikan ini dari perairan Cina. Ikan ini menjadi inang cacing,” ujarnya.

Ia menjelaskan, cacing yang ada di ikan ini memang tidak hidup, namun efek kesehatannya yaitu ke alergi bagi yang memakannya. “Kemudian cacing di ikan ini juga berpengaruh di gizi protein ikan dan tentunya higienis,” ucapnya.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: