Home / Spesial Riau / Indragiri Hulu / Berkeliaran di pemukiman, gajah liar berhasil dikembalikan ke habitat

Berkeliaran di pemukiman, gajah liar berhasil dikembalikan ke habitat

Gajah Sumatera termasuk hewan yang dilindungi negara.

Rengat (RiauNews.com) – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau berhasil menghalau seekor gajah liar yang kerap berkeliaran di pemukiman dan kebun warga di Kecamatan Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

Humas BBKSDA) Riau Dian Indriani pada Kamis (02/11/2017) menyebutkan, mamalia besar tersebut sudah digiring masuk habibatnya yakni Taman Nasional Tesso Nilo TNTN yang tidak berapa jauh dari daerah tersebut agar selain aman, juga tidak mengganggu ketenangan penduduk.

“Ini adalah upaya yang kesekian kalinya dilakukan tim sejak Agustus 2017 lalu. Dan, alhamdulillah berhasil, dan gajahpun aman,” kata Dian.



Selain BBKSDA, upaya menghalau hewan berbelalai ini juga melibatkan Balai TNTN, TNI, Polri, organisasi pecinta satwa, WWF dan masyarakat. Penggiringan juga melibatkan dua ekor gajah latih dari Flying Squad TNTN.

Dijelaskan Dian, lamanya penghalauan ini karena pada awalnya gajah tersebut tidak mau bergabung di kelompoknya.

Selama ini, gajah liar tersebut selalu melintas di Desa Kolak Pisang, Desa Pasir Beringin dan Desa Bukit, Kecamatan Kelayang, kehadiran satwa ini membuat warga resah. Petugas selama ini khawatir gajah tersebut akan dianiaya warga khususnya pemburu.

Menurutnya, masyarakat memahami kondisi gajah maupun binatang yang dilindungi lainnya, tidak mungkin akan membunuh, hanya saja keresahan terjadi jika gajah mengamuk maupun merusak tanaman pertanian warga. ***

Baca Juga

Studi Jurnalistik WPR DPRD Riau ke DPR RI Berlangsung Sukes

PEKANBARU-Studi Jurnalistik yang digelar Wartawan Parlemen Riau (WPR) DPRD Riau, pada 11-12 Desember di DPR ...

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: