19 Desember 2018
Home / News / Nasional / Banjir di Pangkalan rendam jalur Sumbar-Riau setinggi satu meter

Banjir di Pangkalan rendam jalur Sumbar-Riau setinggi satu meter

Banjir di Pangkalan Kotobaru, Sumatera Barat yang merendam jalan nasional penghubung Sumbar-Riau. (Kredit: istimewa/grup WA)

Payakumbuh (RiauNews.com) – Hujan lebat yang turun di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat sejak Jumat (29/12/2017), telah membuat sejumlah sungai yang ada di kawasan tersebut tak mampu lagi menampung debit air yang terus meninggi.

Akibatnya, jalan nasional yang menghubungkan provinsi Riau dengan Sumbar terendam hingga setinggi satu meter di Nagari Sopang, Kecamatan Pangkalan Kotobaru, Sabtu (30/12/2017).



Informasi yang diperoleh dari Kasatlantas Polres Limapuluh Kota AKP Dwi Yulianto menyebutkan, air setinggi satu meter tersebut merendam jalan hingga sepanjang 800 meter, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat yang mesinnya rendah.

“Kita sudah mengerahkan anggota untuk memantau kondisi. Bagi kendaraan berbadan besar masih bisa lewat, hanya harus hati-hati,” kata Dwi.

Kepada masyarakat yang dari Riau hendak ke Sumbar atau sebaliknya, disarankan untuk melewati jalur alternatif, yakni ke jalur selatan via Talukkuantan-Kilirian Jao.

Sebelumnya, pada Jumat (29/12), hujan deras di kawasan tersebut juga telah mengakibatkan longsor di daerah Uluaie. Material longsor berupa tanah, batu dan pepohonan sempat menimbun ruas jalan nasional, namun sekarang sudah dapat dilalui setelah sejumlah alat berat dikerahkan membersihkan.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: