22 September 2018
Home / Hukum & Kriminal / Artidjo Alkostar pimpin sidang PK, ini harapan Ahok

Artidjo Alkostar pimpin sidang PK, ini harapan Ahok

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Jakarta (RiauNews.com) – Mahkamah Agung menunjung Hakim Agung Artidjo Alkostar sebagai pimpinan sidang Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang divonis penjara dua tahun atas kasus penistaan agama, pada 2017 lalu.

Mengetahui siapa yang akan mempimpin sidang PK-nya, Ahok berharap hasil yang terbaik.



Melalui kuasa hukumnya Josefina Agatha Syukur, Ahok mengatakan, “kita berdoa saja. Mau hakim siapa juga kita enggak bisa pastikan hakimnya mau begini atau begitu”.

Seperti yang diwartakan Kompas, Josefina juga mengatakan kepada para kuasa hukumnya agar tetap percaya bahwa siapa pun hakim yang menangani PK tersebut bisa mengambil keputusan secara bijak.

“Ya, kami berharap yang terbaik pasti. Iya (berharap bebas),” ujar Josefina.

Seperti diketahui, Ahok mengajukan PK ke MA pada Februari 2018.

Juru Bicara MA Suhadi mengatakan, penunjukan Artidjo merupakan keputusan pimpinan MA. Selain Artidjo, hakim lainnya yang akan menangani PK Ahok adalah Salman Luthan dan Sumardijatmo.

Hakim Agung Artidjo Alkostar.

Artidjo merupakan hakim agung yang kerap menangani kasus-kasus berat, khususnya kasus korupsi.

Sejumlah kasus korupsi yang melibatkan pejabat dan politisi pernah ditangani Artidjo. Sebut saja Luthfi Hasan Ishaaq, Angelina Sondakh, Akil Mochtar, dan Anas Urbaningrum. Oleh Artidjo, mereka dijatuhi hukuman penjara lebih lama ketimbang putusan di pengadilan tingkat pertama. Bahkan, ada beberapa terdakwa yang mencabut permohonan kasasi ketika mengetahui Artidjo yang akan menangani perkara.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: