22 Agustus 2019
Home / Utama / Ahli Perminyakan dan Geologi Chevron Berbagi Ilmu di UIR

Ahli Perminyakan dan Geologi Chevron Berbagi Ilmu di UIR

Salah seorang pembicara, Abdullah Faisal Talib (Team Manager Earth Science) PT Chevron saat memaparkan kondisi cekungan geologi. Istimewa

PEKANBARU (RiauNews.com) – Ahli-ahli perminyakan dan geologi PT. Chevron Paci)fic Indonesia (PT CPI) berbagi ilmu dengan para dosen dan mahasiswa jurusan Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau (UIR). Mereka mendiskusikan tentang geologi
regional Cekungan Sumatera Tengah (Central Sumatera Basin) dan lapangan minyak Duri, serta penerapan teknologi injeksi uap (steamflood) yang telah terbukti berhasil meningkatkan produktivitas dan memperpanjang usia Lapangan Duri secara signifikan.

Kegiatan ini juga dihadiri dan didukung oleh ahli teknologi injeksi uap dari unit Heavy Oil Chevron Energy Technology Company (Chevron ETC) yang berpusat di California.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 150 peserta yang berlangsung di Aula Fakultas Teknik, Kampus UIR, pada Rabu (24/4). Kuliah tamu ini merupakan bagian dari Program Kemitraan dengan Universitas (University Relationship Program/ URP) antara PT CPI dengan sejumlah perguruan tinggi terkemuka di Provinsi Riau, salah satunya UIR.

”Program ini bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan kapasitas dosen dan mahasiswa di Riau sehingga diharapkan dapat membantu peningkatan akreditasi jurusan,” kata Wahyu Budiarto selaku Sr VP Corporate Affairs PT CPI.

Kegiatan ini juga bagian dari komitmen Perusahaan kami untuk turut mengembangkan sumber daya manusia di Provinsi Riau, dalam hal ini di bidang perminyakan.

“Empat ahli perminyakan dan geologi PT CPI dan Chevron ETC yang membagikan ilmunya adalah Ilmy Razanindra (Advisor Petroleum Engineer), Spencer C. Franks (Thermal Project Engineering Specialist), Abdullah Faisal Talib (Team Manager Earth Science) dan Juan David Munoz (Technology Development & Global Thermal Advisor).

Para peserta tampak antusias mendengarkan dan mendiskusikan penerapan teknologi injeksi uap yang merupakan salah satu keunggulan PT CPI dalam mengelola lapangan minyak.

Pembukaan kuliah tamu setengah hari itu dihadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas Teknik UIR Ir Syawaldi MSc.

”Kami menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan
hari ini. Kontribusi Chevron terhadap UIR, khususnya Teknik Perminyakan, telah berjalan secara berkesinambungan hingga saat ini,” kata Syawaldi.

Dia meminta para mahasiswanya memanfaatkan program kuliah tamu tersebut untuk menambah ilmu di bidang perminyakan yang mereka pelajari. Program URP diharapkan dapat mendukung peningkatan akreditasi Teknik Peminyakan UIR menuju akreditasi A.

Pada 15 Maret lalu, PT CPI menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) kerja sama dengan empat perguruan tinggi terkemuka di Provinsi Riau, yakni Universitas Riau (Unri), Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Lancang Kuning (Unilak) dan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri).

Program Kemitraan dengan Universitas ini sudah berjalan sejak 2010. Lingkup bantuan mencakup kegiatan peningkatan mutu sumber daya manusia di antaranya melalui kuliah tamu, seminar, kunjungan lapangan, dan publikasi jurnal dalam rangka meningkatkan akreditasi
jurusan. Jurusan yang menerima bantuan pendidikan tersebut adalah Teknik Kimia Unri, Teknik Perminyakan UIR, Teknik Elektro Unilak dan FMIPA Kimia Umri.

PT CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia
yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. Dalam mengoperasikan blok migas, PT CPI bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. Dengan inovasi dankomitmen karyawan yang sangat terampil dan berdedikasi, PT CPI menjadi salah satu produsen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia.RLS

Komentar
%d blogger menyukai ini: