21 November 2018
Home / News / Politik / Ada pemilih ganda, Panwaslu: Jika terdapat kesengajaan akan disidang

Ada pemilih ganda, Panwaslu: Jika terdapat kesengajaan akan disidang

Panwasu Pekanbaru mengungkapkan adanya pemilih ganda dalam DPS yang dirilis KPU Riau. (Kredit: Antara)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Anggota Komisioner Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Pekanbaru Rizqy Abadi menjelaskan, terhadap banyaknya pemilih ganda yang ditemukan dalam daftar pemilih sementara (DPS) untuk Pemilihan Gubernur Riau 2018 ini, pihaknya akan melakukan penelusuran.

“Panwaslu lakukan penelusuran dulu, kalau terbukti ini tindak kesengajaan akan di sidangkan. Bagi yang belum terdaftar dalam DPS akan kita dimasukkan,” sebutnya.



Dijelaskan Rizqy, jika ini terdapat unsur kesengajaan maka termasuk pelanggaran, dan Panwalu Pekanbaru tidak akan mendiamkan hal ini dengan memperkarakan temuan tersebut sebagai pelanggaran Pilkada.

Perlu diketahui KPU Riau sudah menetapkan jumlah DPS Pilkada 2018 sebanyak 3.676.326 pemilih, dimana untuk Pekanbaru ada 491.047 pemilih. Namun setelah dilakukan pengecekan oleh Panwaslu Pekanbaru terdapat 23.602 data ganda.

“Terhadap temuan ini ada dua hal yang akan dilakukan Panwaslu Pekanbaru menyampaikan ke KPU Riau serta segera melakukan penghapusan data ganda. Kedua pihaknya akan mengklarifikasi melalui Panwascam terutama bagi temuan DPS yang tercatat lebih dari tiga kali,” kata Ketua Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Pekanbaru Yasrif Yakup Tambusai.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: