Home / Spesial Riau / 49 JCH gugur karena tak lunasi BPIH

49 JCH gugur karena tak lunasi BPIH

Jamaah calon haji yang diberangkatkan dengan pesawat Garuda Indonesia.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Sebanyak 49 jamah calon haji Provinsi Riau gugur, karena hingga waktu yang ditetapkan belum juga melunasi Biaya Pelunasan Ibadah Haji (BPIH), yang berakhir pada Jumat (2/6/2017) lalu.

Dari 331 orang, ada 49 jemaah calon haji kami nyatakan gugur,” ucap Kepala Kemenag Provinsi Riau, Ahmad Supardi Hasibuan di Pekanbaru, Rabu (7/6/2017).

Dijelaskan Ahmad, pihaknya telah mengambil solusi bagi pemenuhan kuota haji tahun ini dengan memberikan kepada calon jamaah cadangan yang berasal dari 12 kabupaten/kota di Riau.

“Sisa kuota yang belum terpenuhi itu, maka akan kita peruntukkan bagi jamaah calon haji yang merupakan cadangan,” ujarnya.

Kuota reguler jamaah haji Provinsi Riau tahun ini berjumlah sekitar 5.030 orang jamaah, sementara yang melunasi BPIH tahap pertama sebanyak 4.695 orang.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggaran Haji dan Umroh Kemenag Provinsi Riau, Erizon mengaku, pengembalian 20 persen dan penambahan kuota haji dari pemerintah Arab Saudi pada tahun ini telah memangkas daftar antrian tunggu.

“Melalui pengembalian kuota haji 20 persen dan penambahan kuota 10 ribu, maka kami perkirakan antrian tunggu keberangkatan calon jemaah haji di Riau dapat maju hingga tiga tahun jadi 14 tahun,” katanya. Demikian Antara.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: