Home / Spesial Riau / Indragiri Hilir / 30 hektar lahan di Inhil ludes terbakar

30 hektar lahan di Inhil ludes terbakar

Pemadaman kebakarna hutan dan lahan menggunakan helikopter.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Indragiri Hilir yang sebelumnya hanya terjadi di lahan pribadi, namun kemudian merembet ke lahan milik perusahaan PT SAGM.

Dijelaskan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, karhutla saat di lokaso tersebut sudah mencapai 30 hektar, tepatnya di Parit Krisi, Dusun Panglima, Desa Kuala Sebatu, Kecamatan Batang Tuaka, Inhil.

“Setelah mendapat informasi adanya titik api di wilayah tersebut, Kapolsek Batang Tuaka Ipda Andi Aceh beserta anggota serta Babinsa dibantu oleh masyarakat setempat mencoba melakukan pemadaman secara manual. Itu dilakukan dengan menggunakan air di kanal lalu menyiram kebakaran dengan ember,” sebut Guntur.

Namun api semakin besar karena tiupan angin yang kencang dan cuaca yang panas, ditambah lagi tidak adanya sumber air yang dekat dengan lokasi kebakaran.

“Pada sore harinya, baru Tim BPBD Inhil ikut bergabung berusaha memadamkan api dengan sejumlah peralatan melakukan upaya pemadaman,” tambahnya.

Lahan yang terbakar tersebut diketahui milik tiga orang dan satu perusahaan. Pertama itu milik Sihombing yang berdomisili di Pekanbaru dan kedua Akbar dari Padang, Sumatera Barat yang merupakan lahan sawit dan kosong.

Selanjutnya ketiga lahan milik Sinaga berdomisili di Pekanbaru yang berupa tanah kosong. Lalu terakhir lahan milik PT. SAGM.

“Asal api dan perkara kebakaran lahan ini masih dalam tahap penyelidikan Unit Reserse kriminal Polsek Batang Tuaka,” tutup Guntur.***

Baca Juga

Didukung PDIP, Warganet  Sebut Tidak Akan Pilih Andi Rachman

PEKANBARU (RiauNews.com)-Keputusan DPP PDIP mengusung Balon Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Suyatno di Pilkada Gubernur ...

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: