Home / Hukum & Kriminal / ​Tidak Bayar Pajak, 300 Perusahaan di Riau Dibidik KPK

​Tidak Bayar Pajak, 300 Perusahaan di Riau Dibidik KPK

Hariadi Kartodihardjo.

JAKARTA (RiauNews.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan telah mengantongi nama-nama 300 nama-nama perusahaan kelapa sawit yang beroperasi di Provinsi Riau yang tidak membayar pajak.

“Dari 447 perusahaan kebun kelapa sawit di Riau dengan total lahan 4,2  juta hektar, berdasarkan data yang kami dapat, hampir 300 perusahaan menggemplang pajak,” jelas anggota Tim Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam (GNSDA) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),  Hariadi Kartodihardjo.



Data tersebut jelasnya selain didapat dari DPRD Riau juga didapat dari Kanwil Dirjen Pajak Riau. KPK juga mendapat laporan Kanwil Dirjen Pajak Riau kesulitan menindak ratusan perusahaan pengemplang pajak tersebut karena Dinas Perkebunan dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Riau tertutup.

“Kanwil Dirjen Pajak Riau sudah minta data kepada dua instansi tersebuat namun tidak diberi, mereka tertutup sekali,” katanya dengan nada kesal.

Namun tambah Hariadi KPK tetap menyelidiki pengemplangan pajak di Provinsi Riau, ” Ini demi memaksimalkan penerimaan dari sektor pajak di Riau dan segera diproses hukum,” imbuhnya.*** (tien)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: