24 Oktober 2018
Home / Utama / ​KPK Kembali Periksa Bupati Kampar Aziz Zainal dan Walkot Dumai Zul As Terkait Suap di Kemenkeu

​KPK Kembali Periksa Bupati Kampar Aziz Zainal dan Walkot Dumai Zul As Terkait Suap di Kemenkeu

PEKANBARU (RiauNews.com) – Bupati Kampar, Aziz Zainal dan Walikota Dumai, Zulkifli AS diperiksa sebagai saksi penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi terkait dugaan korupsi suap RAPBN-P di Kementerian Keuangan. Dalam kasus ini, empat orang jadi tersangka, salah satunya pejabat Kemenkeu.

“Iya betul. Hari ini jadwal pemanggilan keduanya untuk diperiksa sebagai saksi,” ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah Selasa (7/8/2018).

Aziz diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Amin Santoso, anggota Komisi XI DPR RI. Sedangkan Wali Kota Dumai, Zulkifli diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Yaya Purnomo.

“Aziz Zainal diagendakan sebagai saksi untuk tersangka AMN (Amin). Dan Zulkifli diperiksa sebagai saksi untuk tersangka YP (Yaya Purnomo),” kata Febri.

Dalam kasus suap usulan dana perimbangan keuangan daerah RAPBN-P tahun anggatan 2018 ini, KPK telah menetapkan 4 tersangka. Antara lain anggota Komisi XI DPR Amin Santono, Eka Kamaluddin (perantara), dan Yaya Purnomo (eks pejabat Kemenkeu) dan seorang kontraktor Ahmad Ghiast.

Sumber dana untuk suap itu disebut berasal dari para kontraktor di Sumedang.

Sebelumnya, Walikota Dumai, Zulkifli As pernah dipanggil oleh Penyidik KPK pada Rabu (27/7) lalu. Namun saat itu, Zulkifli mangkir dan tidak memenuhi panggilan Penyidik KPK.

Sebelumnya KPK telah memeriksa dua orang saksi dari Kabupaten Kampar dalam kasus ini. Mereka adalah Ajudan Bupati Kampar, Auliya Ulillah Usman dan Kepala Bappeda Kampar, Azwan.

Sebelum ditangkap KPK dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada bulan Mei lalu bersama sembilan orang lainnya, ternyata Yaya sudah diintip KPK. Dia diduga sering bertemu para pejabat daerah untuk mengurus anggaran negara yang mengalir ke daerah. Para pejabat yang pernah bertemu dengannya dipanggil KPK, seperti Bupati Kampar dan Wali Kota Dumai tersebut. (Tien)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: