Home / Spesial Riau / Tokoh pers Riau Jabonar Sinaga meninggal akibat serangan jantung

Tokoh pers Riau Jabonar Sinaga meninggal akibat serangan jantung

Jasad Jabonar Sinaga saat berada di rumah duka, Jalan Kurnia, Pekanbaru. (Kredit Foto: Antara)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Penyebab kematian tokoh pers di Provinsi Riau, Jabonar Sinaga, yang juga ayah dari vokalis grup band Geisha, Navora Morina Sinaga atau yang lebih dikenal dengan panggilan Momo, adalah akibat serangan jantung.

Salah seorang putra Jabonar, Fopin Sinaga, yang juga tercatat sebagai wartawan di salah satu media lokal di Riau, menyebutkan hal itu berdasarkan hasil identifikasi dan visum dari dokter di Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu.

“Hasil identifikasi visum dokter terkena serangan jantung. Terkejut juga karena sebelumnya sehat-sehat saja,” kata Fopin kepada rekan-rekan media di Pekanbaru, Rabu (20/9/2017)

Dijelaskan Fopin, bahwa ayahnya merupakan Kepala Perwakilan Surat Kabar Riau Pos di Rengat. Meski begitu mendiang bersama istrinya tinggal di Jalan Kurnia, Kota Pekanbaru dan beberapa kali dalam seminggu bertolak ke Rengat.

Dalam menjalani aktifitas itu meski sudah berusia hampir 69 tahun masih kuat pergi sendiri Pekanbaru-Rengat. Pada pekan ini janjinya pada Selasa malam (19/9) akan pulang, namun tak bisa dihubungi.

“Bapak masih wartawan, memang ada ada wartawannya di Rengat. Tapi kalau ada yang perlu ditulis dia pergi ke Rengat. Masih kuat dia bolak balik sendiri Pekanbaru-Rengat, tak menduga (meninggal),” ujarnya.

Pada Selasa (19/9) malam itu, lanjutnya, Jabonar ditelpon tapi tidak bisa terhubung. Fopin awalnya berpikir positif saja, mungkin telpon selulernya tertinggal. Lalu dihubungi kakaknya yang di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan yang lokasinya dekat dengan Rengat.

Selanjutnya coba dihubungi tetangga Jabonar untuk melihat dan ternyata tampak mendiang terbujur kaku. Posisinya tidur lurus dan masih ada kacamatanya.

Jabonar dikenal sebagai wartawan senior di Provinsi Riau dan juga merupakan Penasehat Persatuan Wartawan Indonesia Riau. Sebelum bergabung di Jawa Pos grup, Jabonar adalah wartawan koran “Mimbar Umum”, salah satu koran tertua di Sumatera yang mulai terbit sejak tahun 1945.

Pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar Provinsi Riau di Kabupaten Bengkalis pada Mei 2014 lalu, Jabonar dianugrahi Piagam Penghargaan atas Pengabdiannya selama 30 tahun di profesi jurnalistik. Selain itu, Ia dikenal sebagai Tokoh Masyarakat di kalangan masyarakat Batak yang cukup dihormati di Provinsi Riau. Demikian Antara.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: