Home / Spesial Riau / Syahril Abubakar tegaskan kenetralan LAMR

Syahril Abubakar tegaskan kenetralan LAMR

Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) menyatakan netral dan tidak mendukung calon presiden (Capres) tertentu dalam pemilihan presiden (Pilpres) tahun ini.

Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR, Datuk Seri Syahril Abubakar didampingi Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR, Datuk Seri Al Azhar, mengatakan, bahwa LAMR sebagai pemangku adat Melayu tidak pernah mengeluarkan warkah yang menjurus pada dukungan salah satu capres.

Baca: SBY batalkan kunjungan ke LAM Riau saat Jokowi terima gelar adat

“Sudah jelas kami katakan, LAMR netral. Kami tidak pernah mengeluarkan warkah apapun yang berkaitan dengan dukung mendukung salah satu calon. Kalau seperti itu, itu sama saja menciderai peran kultural LAMR,” kata Syahril di Balai Adat LAMR, Kamis (11/4/2019).

Kalau pun ada mungkin pengurus LAMR yang diketahui terlibat aktif dalam kampanye, Syahril pun menegaskan, bahwa orang-orang tersebut bertindak sebagai individunya dan bukan mengatasnamakan LAMR.

Baca: ‘Pulang kampung’, Sandiaga Uno bakal di-Tepung Lawar LAM Riau

“Netralitas LAMR jangan diragukan. Kami juga perlu meluruskan, kalau ada menemukan pengurus LAM yang terlibat aktif dalam kampanye, itu bukan membawa nama LAMR,” tegasnya.

Sebagai buktinya, lanjut Syahril, LAMR pun dirasa telah berlaku adil dalam menyambut kedua tamu capres yang datang ke Bumi Melayu ini. Baik itu kedatangan Jokowi dari Capres nomor urut 01 maupun Prabowo Subianto sebagai Capres nomor urut 02.

“Kedua Capres semuanya kami sambut kalau datang ke Riau, tidak ada yang dibedakan,” tuturnya.[MCR]

Komentar
%d blogger menyukai ini: