19 Desember 2018
Home / Spesial Riau / Siak / Pemkab Siak kaji ancaman PHK besar-besaran atas dicabutnya izin HTI RAPP

Pemkab Siak kaji ancaman PHK besar-besaran atas dicabutnya izin HTI RAPP

(ilustrasi)

Siak (RiauNews.com) – Keputusan Pemerintah Pusat melalui Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) yang menghentikan izin operasional hutan tanaman industri (HTI) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di beberapa daerah di Riau, tampaknya juga menjadi “pukulan” pada Pemerintah Daerah.

Hal ini karena tenaga kerja yang biasanya menggantungkan nasib pada HTI tersebut, dikhawatirkan akan berubah menjadi pengangguran terbuka karena ada kemungkinan akan terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran. Dan, jumlahnya mencapai ribuan orang.



Kabupaten Siak adalah salah satu daerah di mana terdapat HTI yang dikuasai RAPP. Seperti yang diungkapkan Asisten II Setdakab Siak, Hendrisan, pemda setempat akan mengkaji dampak yang ditimbulkan jika terjadi PHK besar-besaran nantinya.

“Kementerian LHK meminta Bupati untuk menginventarisasi terlebih dulu dampaknya. Sementara kami perlu mengkaji terlebih dahulu,” kata Hendrisan.

Dijelaskan, selain akan memunculkan pengangguran baru, juga akan terjadi multi-efek, seperti penurunan daya beli masyarakat dan masalah sosial lainnya yang mungkin timbul.

Hendrisan mengaku sangat prihatin dengan kondisi masyarakat kabupaten Siak khususnya, jika isu PHK yang tengah dihebohkan tersebut betul-betul terjadi.

Akan tetapi, pihaknya beserta Bupati Siak perlu membahas ini dengan OPD lainnya, seperti Dinas Ketenakerjaan dan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI).

“Surat pemberitahuan dari Kementerian LHK baru sampai (Kamis). Kami tunggu jawaban Bupati terlebih dahulu. Tetapi yang paling penting sekarang itu, kita perhatikan tenaga kerjanya. Bagaimana cara kita mengantisipasi karyawan yang terkena PHK, ketimbang menilai yang lain-lainnya,” kata Hendrisan lagi.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: