Home / Spesial Riau / Sejumlah BUMN dan perusahaan swasta komit dukung tol listrik

Sejumlah BUMN dan perusahaan swasta komit dukung tol listrik

Pekerja sedang berada di tower Sutet.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Pembangunan tol listrik Sumatera yang menjadi salah satu agenda Pemerintahan Presiden Joko Widodo, kerap mendapat hambatan di lapangan. Salah satunya adalah pembebasan lahan sebagai tempat pembangunan tapak tower saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET).

Agar rencana tersebut bisa berjalan lebih lancar, sejumlah Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta yang beroperasi di Riau, telah berkomitmen untuk merelakan lahan mereka untuk dijadikan titik toer tersebut.

Titik temu tersebut didapat setelah Kepala  Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau Uung Abdul Syakur dan Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Riau Bambang Yoga Tama memediasi perusahaan tersebut dengan PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) II Unit Pelaksana Konstruksi Jaringan Sumatera (UPKJS) 2, pada Selasa (6/6) lalu.

Perusahaan-perusahaan itu di antaranya PT Pertamina, Chevron, PTPN V, Patra Niaga dan PT Aneka Inti Persada.

“Dalam rapat tersebut seluruh perusahaan tersebut pada dasarnya menyanggupi rencana pembangunan tapak tower PLN dan mendukung sepenuhnya percepatan pembangunan tol listrik di Riau,” ujar Kepala Kejati Riau Uung Abdul Syakur, yang dilansir Antara.

Meski demikian, kata Uung, saat ini masih terdapat sekitar 100 tapak tower lagi yang terkendala pembangunannya di sejumlah lahan HGU yang ada di Riau. Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan melakukan mediasi atas persoalan pembebasan lahan untuk seratusan tapak tower tersebut.

“Proyek ini jangan sampai stagnan. Harus selesai segera, paling lambat 2019, semuanya sudah tuntas,” ujar Uung.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: