25 Februari 2018
Home / Spesial Riau / Satgas karhutla lakukan waterbombing di Cerenti dan TNTN

Satgas karhutla lakukan waterbombing di Cerenti dan TNTN

Heli milik BNPB saat melakukan pemadaman karhutla dengan bom air (waterbombing).

Pekanbaru (RiauNews.com) – Akhir pekan ternyata tak membuat tim Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Riau dapat bersantai. Justru pada saat-saat ini jumlah kebakaran lahan meningkat. Hal ini sebagaimana diungkapkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger.

Ini terlihat pada Sabtu (10/6/2017) tim melakukan pemadaman karhutla di dua tempat yang berbeda, yakni di Cerenti, Kabupaten Kuantan Singingi dan Taman Nasional Tesso Nilo, Kabupaten Pelalawan.

“Baru saja Satgas udara menyelesaikan proses waterbombing di Cerenti. Sementara satgas darat masih melakukan investigasi kepemilikan lahan 1,5 hektare tersebut,” kata Edwar.

Di sini petugas menemukan area lahan seluas 1,5 hektare yang sengaja dibakar oleh oknum tak bertanggungjawab, untuk selanjutnya ditanami sawit.

Setelah Cerenti, heli jenis Bolco dan Sikorsky bergerak ke Pelalawan tepatnya di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo. “Sekarang heli menuju ke TNTN Pelalawan. Disana diinformasikan juga terdapat kebakaran lahan,” ungkapnya.

Sehari sebelumnya, Satgas Karhutla Riau berhasil menangkap seorang pelaku pembakaran lahan saat melakukan patroli terpadu di wilayah Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Patroli menggunakan Heli Puma TNI Angkatan Udara dan Heli Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), mengamankan seorang pria beinisial S sedang melakukan aktivitas pembakar lahan. Bersama pelaku disita barang bukti berupa satu buah jerigen, satu unit mesin chainshaw, tiga mancis, satu unit handphone dan sebilah kapak gagang kayu.

Pelaku dan barang bukti kemudian dibawa ke Polda Riau untuk proses hukum lebih lanjut.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: