18 Oktober 2018
Home / Spesial Riau / Satgas diberi kewenangan tembak ditempat pelaku karhutla

Satgas diberi kewenangan tembak ditempat pelaku karhutla

Sejumlah petugas dari berbagai unsur TNI ikut membantu memadamkan lahan yang terbakar di Riau.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) kini diberi kewenangan untuk melakukan tembak ditempat bagi para pelaku yang tertangkap tangan sengaja melakukan pembakaran.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Riau Brigjend TNI Sonny Aprianto, di Markas Korem 031/WB, Kamis (16/8/2018) mengatakan, pihaknya telah mengkoordinasikan hal tersebut dengan Kapolda Riau Irjend Pol Nandang.

“Saya sudah perintahkan dengan Dandim, apabila ketangkap tangan membakar lahan dengan sengaja, saya perintahkan tembak ditempat. Saya juga sudah berkordinasi dengan bapak Kapolda tadi. Maklumat tembak ditempat ini sudah disepakati,” kata Sonny.

Menurut Dansatgas Karhutla yang juga Danrem 031/WB ini, perintah tembak ditempat kepada pembakar lahan sebagai tindakan tegas. Sonny bahkan mengaku segera memobilisasi personil Batalyon Infantri (Yonif) 132 ke sejumlah Kodim, guna melakukan pengawasan.

“Mulai hari ini juga saya kerahkan pasukan saya Yonif 132 ke titik-titik kuat (rawan Karhutla) yang ada di Kodim-Kodim,” tegas Dansatgas.

Menyinggung soal makin luasnya Karhutla yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir, Sonny lalu menyatakan kegeramannya. Menurutnya, titik-titik api yang terus bertambah di beberapa daerah sangat masif. Bahkan Danstagas tak ragu menyimpulkan, bahwa 99 persen Karhutla terjadi di Riau karena ulah manusia yang dilakukan secara sengaja.

“Karhutla makin hari makin masif. Karena itu saya sudah perintahkan kepada Dandim saya, tembak ditempat kepada mereka yang tertangkap tangan secara sengaja membakar lahan,” ulang Dansatgas lagi dengan nada tinggi.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: