18 Oktober 2018
Home / Spesial Riau / Salinan putusan pengadilan diterima Pemprov Riau, pemecatan 23 ASN bermasalah segera dilakukan

Salinan putusan pengadilan diterima Pemprov Riau, pemecatan 23 ASN bermasalah segera dilakukan

Pekanbaru (RiauNews.com) – Salinan surat putusan dari pengadilan terhadap 23 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terjerat kasus tindak pidana korupsi sudah diterima Pemerintah Provinsi Riau. Langkah berikutnya, Pemprov akan melacak Surat Keputusan (SK) terakhir terhadap pegawai bersangkutan, untuk melengkapi syarat pemberhentian.

“Kita masih melengkapi peryaratan untuk pemberhentiannya. Surat dari pengadilan sudah kita terima. Sekarang yang sedang kita lakukan melacak SK terakhirnya lagi. Dua ini syarat pemberhentian yang harus kita lengkapi,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau Ikhwan Ridwan, Rabu (26/9/2018).



Dengan dua syarat ini menurut Ikhwan, sudah cukup sebagai syarat memberhentikan 23 ASN yang pernah tersandung tindak kasus korupsi tersebut.

Meski begitu, pihaknya papar Ikhwan lagi perlu membicarakannya lagi bersama Inspektorat dan Biro Hukum, agar kebijakan yang diambil tersebut tidak salah dan sesuai aturan.

“Dasarnya ya itu, Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017. Kejahatan dalam jabatan, dan kejahatan berkaitan dengan jabatan,” papar Ikhwan.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta agar ASN yang terlibat tindak pidana korupsi, dipecat dengan tidak terhormat. Aturan pemecatan terhadap aparatur sipil negara atau ASN juga tertera dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. ***

Sumber: Media Center Riau

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: