Home / Spesial Riau / Rokan Hulu / PT EMA disegel karena limbahnya mencemari Sungai Rokan

PT EMA disegel karena limbahnya mencemari Sungai Rokan

Kolam limbah pabrik kelapa sawit.

Pasirpengaraian (RiauNews.com) – Pabrik kelapa sawit PT Eluan Mahkota (EMA) terpaksa di segel oleh Satuan Polisi Pamong Peraja (Satpol PP) Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, bekerja sama dengan petugas dari Dinas Pemadam kebakaran (Damkar) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Penyegelan yang dilakukan pada Kamis (19/10/2017) itu disebabkan ditemukannya indikasi pencemaran Sungai Rokan yang berasal dari limbah perusahaan tersebut.

“Penutupan sementara ini dilakukan selama perusahaan belum memperbaiki kolam limbah yang jebol serta meninggikan tanggul kolam,” kata Kabid Pengawasan Pengendalian dan Pemulihan, Afrizal.



Menurutnya, jika perusahaan ingin pabrik tersebut segera beroperasi, maka harus segera memperbaiki penampungan limbahnya tersebut.

Sementara itu, Camat kepenuhan Re‎cko Roeandra mengatakan penyegelan ini tentunya merupakan dampak dari tercemarnya sungai akibat kelalaian PKS yang sudah merugikan lima desa dan satu kelurahan di Kepenuhan.

“Penyegelan ini kan bersifat sementara, kalau perusahaan bisa cepat menyelesaikan kolam limbah yang jebol dan meninggikan dinding kolam tentunya penyegelan ini akan dibuka,” ungkapnya.

Re‎cko menambahkan penyegelan itu bisa dijadikan pembelajaran bagi perusahaan, agar tidak lagi membuang limbahnya sembarangan, yang dapat merugikan masyarakat banyak, serta ekosistem yang ada di lingkungan sekitar.***

Baca Juga

Yulianti: Diusia ke 18 Rohul Kian Maju

  PEKANBARU (RiauNews.com) – Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) pada tanggal 12 Oktober mendatang genap berusia ...

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: