Home / Spesial Riau / Rokan Hilir / Ribuan wisatawan sesaki festival Bakar Tongkang

Ribuan wisatawan sesaki festival Bakar Tongkang

Festival Bakar Tongkang di Bagansiapi-api, Rokan Hilir.

Bagansiapi-api (RiauNews.com) – Festival Bakar Tongkang, yang merupakan agenda tahunan masyarakat keturuan Tionghoa di Bagansiapi-api, berlangsung secara meriah, dengan puncaknya pada Ahad (11/6/2017). Ribuan wisatawan baik domestik maupun mancanegara, tumpah ruah di jalan-jalan ibukota Kabupaten Rokan Hilir tersebut guna menyaksikan iven yang sudah diadakan sejak 1883.

Acara yang berlangsung dua hari 10-11 Juni 2017 ini, turut dihadiri Ketua DPR RI Setya Novanto, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Deputi Bidang Pemasaran Pariwista Nusantara Esthy Reko Astuti, Bupati Rokan Hilir Suyatno dan sejumlah pejabat undangan lainnya.

Kepala Dinas Pariwista Provinsi Riau Fahmizal Usman mengatakan, untuk data sementara jumlah wisatawan yang datang ke acara ini sebanyak 52 ribu orang, dan jumlah ini melebihi angka yang dicapai pada acara yang sama pada 2016 lalu.

“Data sementara yang dihimpun oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) kabupaten Rokan Hilir, wisatawan yang datang sebanyak 52 ribu orang, terdiri dari 30 ribu wisnus 22 ribu wisman dan ini sudah melebihi kunjungan wisatwan tahun sebelumnya 47 ribu orang,” kata Fahmizal Usman.

Pada iven Festival Bakar Tongkan tahun 2017 ini, replika tiang layar tongkang yang dibakar jatuh ke arah laut. Menurut kepercayaan warga Tionghoa Bagansiapi-api, kemana arah tiang itu menunjukan keselamatan dan peruntungan usaha serta mata pencarian lebih baik atau lebih banyak datangnya dari laut. ***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: