13 Desember 2018
Home / Spesial Riau / Rokan Hilir / Ratusan hektar lahan gambut terbakar di Inhil

Ratusan hektar lahan gambut terbakar di Inhil

Dana yang dianggarkan untuk tanggap darurat karhutla ternyata juga dikorupsi. (Kredit Foto: Antara)

Tembilahan (RiauNews.com) – Puluhan petugas pemadam kebakaran yang berasal dari berbagai unsur, berjibaku memadamkan api yang menghanguskan ratusan hektar lahan gambut di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Informasi yang diperoleh dari Kapolres Rohil AKBP Sigit Adi Wuryanto, menyebutkan bahwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di dua titik, yakni di Kepenghuluan Labuhan Papan, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan seluas 260 hektar, dan di Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih seluas 10 hektar yang merupakan lahan milik PT Johanes.



“Pelaku masih dalam lidik, sementara lokasi lahan yang terbakar dipasang police line,” kata AKBP Sigit Adi Wuryanto yang memimpin langsung pemadaman di Tanah Putih, Senin (9/4/2018).

Ia mengatakan, khusus di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan upaya pemadaman dilakukan sekira pukul 10.00 WIB, dengan menurunkan tim gabungan kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) dari Polres Rohil dan Polsek Tanah Putih Tanjung melawan, serta dibantu TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Masyarakat Peduli Api Menggala Agni bersama masyarakat setempat.

Baca: Polda Riau kirim tim bantu penyidikan karhutla di Meranti

Dalam pemadaman itu, terangnya peralatan yang digunakan berupa satu unit truk, lima unit kendaraan roda empat, dan 12 unit kendaraan roda dua. Kemudian dua unit mesin shibahura, dua unit mesin kohrel, lima unit mesin mini straiker, satu unit mesin robin dan 64 gulung selang.

“Hingga pukul 17.00 WIB pemadaman dihentikan meski api masih menyala. Namun mengingat hari sudah sore tidak dapat mendukung kegiatan pemadaman sehingga kegiatan dihentikan. Besok pagi (hari ini-red) tim akan diturunkan kembali ke lokasi hingga api benar-benar padam dan personel akan ditambah lebih banyak lagi,” ujar Kapolres.

Sementara lahan gambut yang terbakar di lokasi PT. Johanes Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih seluas 10 hektare, pihaknya menurunkan 10 personel Tim Karlahut gabungan dari Polsek Tanah Putih.

Baca: Dibantu heli Sinar Mas, BPBD Dumai padamkan karhutla

Pemadaman lahan gambut didaerah itu dipimpin langsung oleh Kapolsek Tanah Putih Kompol Sanusi yang dimulai pukul 13.00 WIB.

Untuk lokasi PT. Johanes di Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih ini, terakhir pukul 17.00 WIB api telah padam dan hanya menyisakan asap. Tidak menutup kemungkinan bila angin kencang api akan kembali menyala,” tuturnya. ***(Antara)

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: