23 September 2018
Home / Spesial Riau / Ribuan umat Islam Riau lakukan aksi damai protes pemindahan Pemindahan Ibukota Israel

Ribuan umat Islam Riau lakukan aksi damai protes pemindahan Pemindahan Ibukota Israel

Aksi damai bela Palestina yang berlangsung di Kota Pekanbaru, Jumat (10/5/2018). (Kredit: Antara)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Aksi damai yang memprotes pemindahan ibukota Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem, yang diikuti dengan pemindahan kedutaan besar Amerika Serikat ke kota suci ketiga umat Islam tersebut, tidak hanya berlangsung di Jakarta, namun juga di kota-kota lainnya, termasuk di Pekanbaru.

Ribuan umat muslim dari berbagai pelosok Provinsi Riau menggelar aksi damai bela Palestina di Kota Pekanbaru, pada Jumat (10/8/2018), dengan membawa atribut berupa bendera Indonesia dan Palestina. Aksi yang mengambil tema “Bebaskan Baitul Maqdis” tersebut berlangsung damai dengan penjagaan ketat ratusan personel Polresta Pekanbaru yang di-backup Podla Riau.



Dalam orasinya, massa yang mayoritas mengenakan pakaian serba putih meminta kepada Pemerintah Indonesia untuk menolak pemindahan ibu kota dan kedutaan besar Amerika ke Yerussalem.

“Kita meminta agar pemerintah Indonesia menjadi pelopor gerakan menolak pemindahan ibu kota Israel serta kejahatan penindasan di sana,” kata Chairul Anwar, anggota DPR RI Fraksi PKS yang menjadi orator dalam aksi damai tersebut.

Chairul juga mengatakan bahwa Palestina merupakan salah satu negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia pasca kemerdekaan lalu, selain Mesir. Untuk itu, ia mengatakan Palestina merupakan negara sahabat sekaligus saudara bangsa Indonesia.

“Kita bersaudara, bagaikan satu tubuh. Jika saudara kita dizalimi, kita juga dizalimi,” ujarnya dengan menggunakan pengeras suara yang dibarengi dengan teriakan Takbir.

Aksi damai tersebut turut dihadiri oleh sejumlah Ormas Islam serta tokoh-tokoh penting Provinsi Riau, salah satunya mantan Gubernur Riau Wan Abu Bakar.

Aksi damai tersebut diakhiri dengan doa bersama serta Sholat Ashar berjamaah di masjid terdekat.*** (Antara)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: