13 Desember 2018
Home / Spesial Riau / Riau sangat tergantung pasokan beras dari luar hingga 66 persen

Riau sangat tergantung pasokan beras dari luar hingga 66 persen

Beras Solok banyak beredar di Riau karena kurangnya produksi lokal.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Kebutuhan beras di Provinsi Riau pertahunya mencapai 6.660 ton, namun produksi lokal hanya mampu memenuhi sepertiganya, sehingga ketergantungan pada daerah lain masih sangat tinggi.

Hal ini diutarakan Kepala Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau, Darmansyah, yang menyebutkan Riau masih kekurangan 66,34 persen beras per tahunnya jika hanya mengandalkan produksi petani lokal.

“Riau hanya mampu memproduksi beras sendiri sekitar 33 persen saja. Untuk memenuhinya Riau pihaknya terpaksa mendatangkan beras dari daerah tetangga seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Lampung,” urai Dharmansyah, Selasa (29/8/18).

Ditambahkan Dharmansyah, jika terjadi bencana alam atau gagal panen di daerah tetangga, kondisi pangan Riau termasuk beras sangatlah terganggu.

Meski demikian, Riau tidak merupakan daerah yang 100 persen mengharapkan “impor” daerah tetangga, sebab Riau juga memiliki daerah unggulan produksi beras diantaranya Kabupaten Rokan Hilir, Siak dan Pelalawan.

“Namun daerah unggulan penghasil beras di Riau juga tidak bisa diandalkan 100 persen, sebab kasus alih fungsi lahan di Riau cukup tinggi dari pertanian ke fungsi perkebunan seperti sawit dan karet,” ujarnya.***

Sumber: Media Center Riau

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: