Home / Spesial Riau / Rencana Pemprov ‘suntik’ BUMD Rp3 triliun bikin kaget anggota dewan

Rencana Pemprov ‘suntik’ BUMD Rp3 triliun bikin kaget anggota dewan

Suhardiman Amby.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Di tengah kondisi keuangan daerah yang kembang-kempis, tersiar kabar bahwa Pemerintah Provinsi Riau akan ‘menyuntik’ Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan dana yang cukup besar, yakni mencapai Rp3 triliun.

Hal ini cukup membuat kaget sejumlah pihak, termasuk anggota DPRD Riau, Suhardiman Amby, yang merupakan Sekretaris Komisi III DPRD Riau membidangi masalah BUMD.



“Kondisi ini sangat tidak mungkin karena kondisi keuangan daerah sedang defisit,” kata Suhardiman, Selasa (30/10/2018).

Suhardiman menjelaskan, BUMD saat ini memang banyak yang ‘sakit’ sehingga perlu dilakukan kajian yang matang apakah layak dibantu atau tidak.

Selanjutnya, kata dia perlu juga dilakukan audit karena selama ini keberadaan dari BUMD tidak jelas pengelolaan keuangan yang dilakukan.

“Saat ini kita juga sedang bahas Ranperda tentang penyertaan modal untuk BUMD. Jadi sebaiknya kita tunggu saja disahkan dulu,” kata dia.

Politisi Hanura ini melanjutkan, audit yang dilakukan harus yang betul-betul dapat dipercaya oleh semua pihak yang dilakukan secara independen, dan audit dari pemerintah yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Audit ini sangat perlu untuk mengetahui kondisi pasti dari BUMD itu, sehingga ada langkah yang akan ditempuh untuk kelangsungannya,” kata Suhardiman.

APBD Riau 2019 diperkirakan hanya sekitar Rp 8,3 triliun dan nilai itu jauh menurun dibandingkan dengan APBD tahun sekarang. Sementara untuk gaji pegawai saja sudah menghabiskan Rp5 triliun.

“Untuk belanja pegawai saja sudah menghabiskan sekitar Rp5 triliun. Sisanya ada sekitar Rp 3 triliun, mana mungkin diberikan pula untuk BUMD,” tukas Suhardiman.***

Sumber: MCR

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: